Posisi Duduk yang Bisa Cegah Nyeri Punggung

Ilustrasi menulis.
Sumber :
  • Pixabay/ StartupStockPhotos

VIVA.co.id – Duduk lama di depan komputer seringkali membuat punggung terasa panas, pegal, dan rasa tidak nyaman lainnya seperti nyeri di bagian punggung.

Waspadai 8 Penyebab Nyeri Punggung dan Bahu

Karena itu, pada umumnya, disarankan untuk melakukan peregangan setiap 60 menit, atau setidaknya sekadar berdiri dan berjalan-jalan.

Nyeri punggung biasanya dialami oleh pekerja kantor, karena posisi duduk yang berkepanjangan, dan posisi mengangkat benda yang salah.

Bahaya Duduk Menyilangkan Kaki Terlalu Lama

Tapi, seringkali tuntutan pekerjaan membuat seseorang abai pada satu hal ini. Dalam jangka waktu berjam-jam duduk di depan komputer demi menyelesaikan pekerjaan. Nah, kalau Anda tipe orang seperti ini, sebaiknya periksa juga posisi duduk. Karena posisi duduk yang salah juga bisa menyebabkan timbulnya nyeri di bagian punggung.

Satu hal yang perlu diingat, postur tubuh yang baik itu bukan hanya tentang duduk tegak. Karena sebenarnya duduk yang baik itu adalah duduk dalam kondisi mendapat dukungan dan posisi yang baik.

Posisi Duduk Ini Berbahaya untuk Anak

dr. Esther Kristiningrum dalam acara “Perkembangan Penyakit Saraf” memaparkan beberapa cara mencegah nyeri punggung dengan posisi duduk yang benar. "Perhatikan posisi layar, tangan, keyboard, lutut, tempat duduk, punggung bawah, dan punggung atas," ujarnya.

Esther menjelaskan beberapa bagian tersebut. Untuk layar komputer, bagian atas layar komputer ada di posisi sejajar dengan mata untuk menghindari cahaya yang menyilaukan.

Kemudian untuk tangan, posisikan siku dekat dengan tubuh dan pergelangan tangan di tekuk. Posisikan keyboard dan mouse pada satu level. Untuk bagian lutut, usahakan tidak menyentuh tempat duduk, posisikan tempat duduk sedikit ke depan dengan desain ergonomis.

Dan untuk bagian punggung, pastikan punggung bagian atas tetap tegak dan bahu santai, sedangkan untuk punggung bagian bawah, lumbar support, yaitu samakan posisi tulang belakang dengan posisi kursi. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya