Kondom Tak 100 Persen Ampuh Cegah HIV

Ilustrasi kondom/alat kontrasepsi.
Sumber :
  • Pixabay/Anqa

VIVA.co.id – Penggunaan kondom saat berhubungan intim dianggap sebagai kontrol agar tidak terjadi kehamilan, dan salah satunya untuk menghindari tertularnya virus HIV. Meski demikian, ternyata penggunaan kondom tidak bisa 100 persen melakukannya.

Pakai Kondom Dobel Malah Berisiko Bisa Berujung di IGD, Kenapa?

"Penggunaan kondom yang konsisten efektif, hanya sekitar 80 persen saja, sisanya bisa tertular," ungkap Ahli Ginekolog dan konsultan seks Dr. H. Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS, saat berbincang dengan VIVA.co.id

Boyke menyebut bahwa hal itu terjadi karena kondom memiliki pori-pori mikro yang memungkinkan menahan tertularnya virus hanya 80 persen.

Kondom Juga Bisa Bikin Istri Melayang di Atas Ranjang, Begini Cara Stimulasinya

"Sebagai pembanding, misalnya virus HIV-nya sebesar jeruk nipis, kondom memiliki pori-pori sebesar jeruk Bali. Otomatis sebagian virus itu memungkinkan masuk ke dalam pori-pori tersebut," paparnya.

Boyke menambahkan, seseorang yang homoseksual bahkan akan terjangkit 100 kali lebih besar. "Karena secara jelas anus itu bukan untuk seks, tapi untuk pembuangan kotoran," ungkapnya.

Beri Proteksi Cegah HIV hingga Kehamilan Tak Diinginkan, Begini Cara Pakai Kondom yang Benar

Untuk menghindari hal tersebut, Boyke menganjurkan untuk tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah, dan setia pada pasangan.

"Saya selalu sampaikan ketika ada (remaja) yang pacaran harus tetap memerhatikan aturan jangan sampai melakukan hal yang tidak-tidak (seks di luar nikah)," ucapnya. (ase)
 

Kisah mualaf putra Altar

Terpopuler: Kisah Mualaf Putra Altar, Zaidul Akbar Sebut Tak Perlu Sarapan di Pagi Hari

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Lifestyle VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Rabu 21 Februari 2024.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2024