FOTO: Jajanan Nikmat Pinggir Jalan dari 7 Negara

takoyaki
Sumber :
  • www.theoutdoorholic.blogspot.com

VIVAlife - Pepatah mengatakan, jika Anda ingin mengenal budaya suatu tempat, cicipi kulinernya. Bahan-bahan, cara memasak, cita rasa serta kebiasaan menyantap hidangan dapat membuat Anda mengenal budaya sebuah daerah.

Salah satu cara yang paling mudah dan murah untuk mengetahuinya adalah mencicipi kuliner street food atau jajanan pinggir jalan. Biasanya, dijual dalam kedai atau bahkan gerobak sederhana.

Kalau di Indonesia ada batagor, pempek, ketoprak, kerak telor, tahu gejrot, dan sebagainya, bagaimana dengan negara-negara lain? Berikut tujuh jajanan pinggir jalan terpopuler dari tujuh negara.

1. Takoyaki
Jajanan khas negeri Sakura ini menggunakan gurita sebagai bahan utama pembuatannya. Potongan gurita yang agak besar dimasukkan ke dalam adonan yang dimasak dengan cetakan berbentuk bulat. Takoyaki, seperti dikutip dari All Women Talk, dinikmati dengan topping lezat seperti katsuobushi (daging ikan tuna yang dikeringkan) atau aonori (rumput laut bubuk) yang diberi saus khas atau mayonnaise.

2. Pastel de Belem
Jenis jajanan ini merupakan sebuah tart manis khas Portugal. Kulit tart atau pastry cukup gurih, menyeimbangkan rasa manis isiannya berupa olahan telur bertekstur creamy. Di Lisbon, ibu kota Portugal, terdapat sebuah toko kue yang menjual hampir 200.000 pastel de belem setiap harinya. Namun, mereka merahasiakan resepnya.

3. Pork scratchings
Di Amerika, jajanan ini biasa disebut pork rinds, sedangkan di Inggris, mereka menyebutnya pork scratchings. Cemilan lezat ini merupakan kulit babi yang dipotong-potong sepanjang satu inci kemudian dibumbui dan digoreng hingga renyah. Di Meksiko, jajanan ini juga digemari dan disebut dengan chicarrones.

4. Currywurst
Jerman terkenal dengan sosis-sosis besar yang dijual di pasar tradisional dan pinggir jalan. Sosis tersebut diracik dengan bumbu khas yang membuatnya berbeda dengan sosis lainnya. Salah satu jenis sosis yang populer yakni currywurst, biasa dinikmati bersama saus tomat dan bubuk kari.

5. Chili crab
Di Singapura, chili crab adalah sebuah hidangan nasional yang begitu populer dan tersedia di seluruh sudut. Kepiting segar dimasak bersama kuah kari yang kaya rasa dan saus tomat. Hidangan ini biasanya dinikmati bersama roti yang dinamakan mantaou.

6. Dosa (dhosa)
Jajanan ini bisa dibilang merupakan crepe-nya India. Terbuat dari adonan tepung beras dan lentil hitam. Hidangan nasional ini biasanya hanya dimasak di satu sisi hingga berwarna keemasan dan bertekstur crispy. Walaupun bisa dinikmati langsung, dosa umumnya dikonsumsi bersama dengan saus pelengkap. Campuran saus tersebut adalah cabai, tomat, kelapa, ketumbar, dan beragam rempah lainnya.

7. Gelato
Bangsa Italia memang memiliki kontribusi tinggi dalam kuliner dunia dengan hidangan-hidangan khasnya seperti pizza, pasta, dan masih banyak lagi. Ada juga jajanan khas Italia yang begitu mendunia yakni gelato. Es krim Italia ini tersedia dalam berbagai rasa dan memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan es krim biasa. Tekstur krimnya lebih ringan di mulut.

Fortuner vs Pajero Sport Bekas, Pajak Tahunannya Murah Mana?

Lihat foto-foto ketujuh jajanan nikmat tersebut di (art)

Muamalat Tower / Bank Muamalat Pusat

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Transaksi jemaah haji nasabah Bank Muamalat semakin dipermudah dengan fitur baru yang diluncurkan pada kartu debitnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024