Ketahui Tiga Manfaat Tersembunyi Madu

Madu
Sumber :
  • Pixabay/PollyDot

VIVA.co.id – Madu adalah salah satu bahan dasar yang wajib ada di dapur, tidak hanya untuk kebutuhan masak tetapi juga untuk kebutuhan lain. Madu lezat dinikmati bersama biskuit, kue, bubur gandum atau menjadi pemanis secangkir teh di pagi hari. Namun, kegunaan madu bukan hanya sekadar itu, berikut beberapa manfaat lain dari madu dilansir laman Mashed.

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Mengawetkan buah

Tidak semua buah mampu bertahan lama. Menjaga buah agar tetap awet memang menjadi tantangan tersendiri. Orang biasanya membekukan buah atau dijadikan agar-agar untuk membuatnya awet.

Istri Bintang Emon Positif Narkoba Gegara Obat Flu, Begini Penjelasan Ahli

Namun, belum banyak yang tahu bahwa madu ternyata berguna untuk mengawetkan buah, terutama jika disimpan di dalam stoples khusus. Selain awet, rasanya pun akan lebih nikmat. Buah yang disimpan di dalam madu akan bertahan hingga enam bulan.

Obat batuk

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Jika Anda menderita sakit di kerongkongan, Anda bisa meminum secangkir teh hangat dengan campuran madu. Hal ini sudah terbukti dapat meredakan rasa gatal di tenggorokan. Tak hanya itu, Mayo Clinic, dikutip dari laman Mashed, mengonsumsi air hangat dengan perasan lemon dicampur dengan satu sendok madu dapat meredakan batuk berkepanjangan.

Satu sendok madu diketahui dapat meredakan batuk akut serta membuat Anda tertidur nyenyak saat flu jika dikonsumsi tepat sebelum tidur.

Antibakteri

Madu merupakan salah satu obat tertua yang pernah ada. Aristoteles menyebutkan bahwa madu bisa menyembuhkan penyakit mata. Madu mengandung zat bernama defensin-1 yang bertindak sebagai antibakteri. Tingkat keasamannya yang rendah juga membuat madu menjadi obat paling ampuh. Madu juga bisa dioleskan sebagai obat untuk meredakan sariawan, luka gores atau terbakar.

Madu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya