Menu Tak Biasa dan Layanan Mewah di Dalam Penjara

Ilustrasi penjara
Sumber :
  • REUTERS/Jose Cabezas

VIVA.co.id – Jika berbicara mengenai penjara, tidak sedikit hal buruk yang terlintas di benak termasuk makanan yang dikonsumsi oleh penghuni jeruji besi. Pasti Anda tidak dapat membayangkan makanan lezat bisa didapatkan di sel tahanan.

PLN IP Targetkan Perdagangan Karbon Naik 2 Kali Lipat dari 2,4 Juta Ton CO2 di 2023

Namun, fakta justru berbicara sebaliknya, karena tidak semua penjara menyajikan makanan 'mengerikan' dan tidak layak seperti yang kerap kita saksikan di film-film. Beberapa penjara di bawah ini justru menyajikan makanan tidak biasa dan terlihat lezat. Berikut beberapa makanan tidak biasa di balik jeruji besi dilansir laman Mashed.

Nutraloaf

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

Makanan ini termasuk asupan bergizi tapi seram untuk para tahanan. Makanan ini bisa terbuat dari buah dan sayur yang dicampur dengan roti dan daging misterius, tergantung selera juru masak penjara. Seluruh campuran ini kemudian dibentuk seperti potongan meatloaf lalu dipanggang.

Nutraloaf biasanya disajikan di penjara di Amerika Serikat dan Kanada. Resepnya pun tidak pernah berubah selama beberapa dekade terakhir. Makanan ini juga digunakan sebagai hukuman bagi para tahanan jika bertindak tidak tertib.

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

McDonald's

Terdengar tidak biasa, bukan? Sebuah penjara di Bergish Gladbach, Jerman. Pada Maret 2017 lalu, kota ini kekurangan stok makanan yang membuat para tahanan diberi makanan alternatif yaitu beberapa menu McDonals's.

Hamburger, cheeseburger dan burger sayur ada dalam daftar menu para tahanan. Menteri dalam negeri Jerman kala itu menegaskan bahwa menu tersebut hanya berlaku sementara waktu karena pada saat krisis, McDonald's-lah yang lokasinya berdekatan dengan penjara tersebut.

Fine Dining

Siapa sangka rumah tahanan Fortezza Medicea, Voltera, Italia menjadi sebuah restoran fine dining yang seluruh makanannya dibuat oleh para tahanan yang dahulunya merupakan pembunuh, pencuri, bahkan mafia sekalipun. Pada 2007 silam, program rehabilitasi di penjara ini bertujuan untuk mengasah kemampuan kuliner para tahanan dan berakhir dengan melahirkan sebuah restoran.

Untuk dapat menikmati makanan ala tahanan di restoran ini tidaklah mudah. Restoran ini hanya dibuka beberapa kali selama satu tahun dan kursi restoran ini selalu terisi penuh dengan cepat.

Self catering

Bastoy Prison, Norwegia adalah penjara yang cukup terkenal karena lokasinya yang indah dan terlihat nyaman untuk ukuran penjara. Penjara ini diperuntukkan bagi tahanan yang menjalani masa akhir hukuman dan siap kembali bergabung dengan masyarakat.

Salah satu layanan yang diklaim sebagai fasilitas mewah untuk tahanan adalah kesempatan para tahanan untuk memesan makanan mereka sendiri. Para tahanan diberikan anggaran sekitar US$85 yang dapat dibelanjakan di super market penjara tersebut. Tidak hanya di Norwegia, beberapa penjara di Swedia dan Denmark juga terkenal dengan layanan yang mirip dengan ini, yaitu memberikan kesempatan pada para tahanan untuk memasak makanan mereka sendiri.

Apapun yang diinginkan

Di penjara Reclusorio Preventivo Norte, Meksiko para tahanan dapat memesan makanan apapun yang mereka inginkan dari luar penjara. Layanan ini berlaku pada hari Sabtu, Minggu, Selasa dan Kamis. Para kawan dan kerabat dari tahanan di hari tersebut ramai membanjiri penjara untuk membawakan makanan untuk mereka yang ada di dalam penjara.

Penjara di Meksiko memang terkenal dengan pelayanannya yang baik dan makanannya yang lezat. Namun, hanya kalangan tertentu yang dapat menikmati layanan ini yaitu, mereka yang punya cukup uang. Banyak tahanan miskin yang tidak bisa menikmati layanan ini, karena tidak memiliki uang untuk memesan makanan dari luar penjara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya