Produk Makanan dan Minuman Halal Taiwan akan Serbu Indonesia

Ilustrasi kuliner halal.
Sumber :
  • Reuters/Regis Duvignau

VIVA.co.id – Dalam rangka mendapatkan peluang di pasar muslim, Taiwan kian gencar memperkenalkan produk-produk makanan halal di berbagai negara. Trade Bureau of the Ministry of Economic Affairs, Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) sendiri kini sudah merekrut berbagai perusahaan makanan serta minuman halal asal Negeri Naga Kecil Asia itu.

Tips Mencari Makanan Halal saat Berada di Luar Negeri

Sekitar 11 perusahaan makanan dan minuman asal Taiwan akan berpartisipasi dalam 2017 Taiwan Halal Products Trade Mission to Southeast Asia. Kesebelas perusahaan itu akan berkunjung ke beberapa negara, seperti Indonesia, Singapura dan Malaysia untuk memperkenalkan berbagai produknya.

Direktur TAITRA, Danny J.S. Liao mengungkapkan, bisnis produk makanan halal di Indonesia saat ini tak lagi bisa dipandang sebelah mata. Itu karena populasi muslim Indonesia yang berada di urutan keempat dunia atau mendekati 90 persen dari jumlah keseluruhan di se-Asia Tenggara.

Hati-hati, Restoran Berlabel 'No Pork No Lard' Ternyata Belum Tentu Halal

"Makanan bukan hanya pengeluaran harian terpenting di Indonesia, ini mencapai 53 persen dari pendapatan keluarga secara umum," kata Danny di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat, 28 Juli 2017.

Danny menambahkan, berdasarkan kunjungan terakhir Trade Mission di Jakarta, banyak importir dan distributor makanan Taiwan yang ingin berpartisipasi. Dalam ajang tersebut, dibahas pula budaya konsumen Islam dan Asia Tenggara, perkembangan status sertifikasi halal, keadaan penjualan makanan Taiwan dan penjelasan pelaksanaannya.

5 Rekomendasi Restoran Halal Terbaik di Korea Selatan, Kamu Wajib Cicipi Hidangannya

Adapun produk-produk Taiwan yang akan diperkenalkan di antaranya minuman, saus, olahan kedelai, makanan laut dan makanan ringan. Selain itu, produsen teh hingga produsen tomat di Taiwan pun akan turut diperkenalkan sebagai bahan baku dan produk setengah jadi.

"Selain mengembangkan produk halal Taiwan, kami juga mengembangkan pusat promosi makanan halal Taiwan agar dapat menjadi sarana diskusi produk halal sehingga dapat memperkuat jaringan di berbagai negara," ujarnya.

Hawkers Street di Pluit Village.

Hawkers Street, Destinasi Kuliner Baru di Jakarta Utara

Hawkers Street menampilkan desain minimalis dengan ornamen Tionghoa yang didominasi dengan warna kayu dengan aneka ragam potret kota pecinan yang estetik dan kuliner enak

img_title
VIVA.co.id
9 Oktober 2023