5 Rekomendasi Wisata Halal di Hong Kong, Ada Masjid yang Dibangun Tahun 1840-an

Pariwisata Hong Kong.
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA Travel – Wisatawan dari seluruh dunia kini sudah bisa datang ke Hong Kong secara bebas sejak pemerintah setempat mencabut semua pembatasan masuk wilayah negaranya. Kini, Hong Kong siap menyuguhkan berbagai pengalaman menarik yang dinanti para pengunjung.

Hong Kong Catat Rekor Suhu Terpanas dalam 140 Tahun Terakhir

Kota asal penyanyi Jackson Wang ini memiliki banyak destinasi wisata yang dinamis, mulai dari bangunan ikonis dan kekayaan budaya hingga kuliner yang lezat. Melihat perkembangan turis mancanegara, kini Hong Kong juga menjadi tujuan wisata yang ramah Muslim. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

“Wisata Muslim memiliki potensi sangat besar yang ingin kami sediakan dan fasilitasi, faktanya sebelum dan semasa pandemi COVID-19 kami juga telah mempelajari hukum-hukum Islam dan menargetkan komunitas muslim,” kata Direktur Marketing HKTB Asia Tenggara, Martin Gwee, dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu 12 April 2023.

Mulia Banget! Usai Belajar Islam, Pendeta Brian Siawarta Ingin Layani Umat Muslim

Dalam upaya menarik wisatawan Muslim mancanegara, HKTB berupaya meningkatkan berbagai fasilitas keagamaan di tempat-tempat wisata seperti menyediakan musala. Selain itu, makanan-makanan halal juga sedang diupayakan mendapatkan sertifikasi agar wisatawan Muslim tak perlu meragukannya lagi. Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata ramah Muslim di Hong Kong.

1. Jamia Mosque

PM Muslim Pertama Skotlandia Mundur dari Jabatan Usai Kirim Bantuan ke Gaza

Jamia Mosque di Hong Kong.

Photo :
  • Hong Kong Tourism Board (HKTB)

Masjid yang menawan ini terletak di area pemukiman Mid-Levels, dan merupakan masjid pertama di Hong Kong yang dibangun pada tahun 1840-an dan dilanjutkan pada 1915. Selain menjadi tempat ibadah, banyak wisatawan yang datang untuk menikmati suasana bangunan bersejarah yang berdiri di lahan seluas satu hektare yang ditumbuhi pepohonan. Baik muslim maupun non-muslim dapat berkunjung ke sini.

2. Islamic Centre Canteen

Islamic Centre Canteen, Hong Kong.

Photo :
  • Hong Kong Tourism Board (HKTB)

Berlokasi di jantung Wan Chai, Hong Kong, Islamic Centre Canteen adalah tempat yang populer untuk menikmati hidangan Halal dan Dim Sum. Masjid Ammar and Oman Ramju Sadick Islamic Centre ini merupakan kantor pusat dari Incorporated Trustees of the Islamic Community Fund of Hong Kong dan Hong Kong Islamic Youth Association. 

Masjid ini secara rutin mengadakan workshop setiap akhir pekan dan juga mengadakan kelas membaca Alquran dengan baik dan benar bagi orang-orang yang bar memeluk agama Islam. Terkadang, masjid in menerima kunjungan tur atau field trips untuk siswa sekolah atau universitas.

3. Kowloon Mosque

Masjid Kowloon di Hong Kong

Photo :
  • Hong Kong Tourism Board (HKTB)

Terletak di Nathan Road, area bisnis yang ramai, masjid seluas 16.000 kaki persegi ini memiliki kapasitas 3.500 jamaah sekaligus. Masjid Kowloon ini juga terbuka untuk non-muslim. 

4. KFC Halal

KFC

Photo :
  • Istimewa

Ada dua outlet restoran cepat saji ini yang telah bersertifikat halal di Hong Kong. Satu restoran berlokasi di Chung London Plaza (area Jordan), dibuka pada 4 November 2022. Dan satu lagi di Nathan Road 548 (area Mongkok) yang baru saja buka pada 13 Januari 2023. Hal in menunjukkan keseriusan para pemangku kepentingnan di Hong Kong dalam melayani kebutuhan Komunitas Muslim.

5. Hong Kong Disneyland

Disneyland Hong Kong

Photo :
  • VIVA / Isra Berlian

Ada 7 area berbeda di Hong Kong Disneyland dengan lebih dari 100 atraksi dan sajian hiburan, parade karakter Disney, serta tiga hotel dengan tema yang berbeda. Hong Kong Disneyland juga punya kastil baru yang terinspirasi dari 14 Disney Princess yang berbeda. 

Mulai Juni 2022, di kastil ini juga digelar pertunjukan spektakuler malam hari yang baru, "Momentous". Pertunjukan yang penuh dengan keajaiban dan cahaya ini menyalakan langit malam diiringi musik membentuk momen tak terlupakan selama hampir 20 menit. Tempat ini menjadi sangat ramah Muslim karena menjadi Disneyland pertama yang punya musala dan menyediakan makanan halal di Tahitian Terrace.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya