Yang Harus Dilakukan Orangtua Ketika Anak Beranjak Remaja

Ibu dan anak perempuan.
Sumber :
  • pixabay/Twnynina

VIVA.co.id – Penampilan seringkali membuat remaja menjadi tak percaya diri. Terlebih ketika pubertas menghampiri. Padahal rasa percaya diri pada remaja sangat berpengaruh bagi psikologinya.

10 Fakta dan Mitos Mimpi Basah yang Mengagetkan, Gak Selalu karena Mimpi Erotis

Remaja yang sedang mengalami pubertas butuh untuk didampingi terutama oleh orangtua. Psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana mengungkapkan bahwa peran orangtua secara efektif mampu mendongkrak rasa percaya diri remaja, salah satunya dengan membuat buah hatinya merasa nyaman dengan dirinya sendiri.

"Dalam hal ini, diharapkan dari orangtua bisa membuat anaknya nyaman dengan dirinya sendiri," ujarnya kepada VIVA.co.id ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Remaja Zaman Now Lebih Cepat Puber, Dokter Beri Saran Perawatan Kulit yang Tepat

Orangtua yang memiliki anak pubertas, sebaiknya bisa membantu anak untuk menerima kondisinya dan memberi pengertian bahwa penampilan fisik seseorang bukan lah hal utama dan segalanya.

Di sisi lain, orangtua juga harus bisa membantu buah hatinya untuk mencari kelebihan lain yang dimilikinya. Misalnya bakat dalam bidang olahraga, seni, dan lain-lain.

Awas, Bahaya Nonton Video Syur Picu Remaja Pubertas Dini

"Jadi orangtua harus bisa membuat anak memahami, bahwa penampilan fisikmu itu bukan segalanya," tuturnya.
 

Ilustrasi masturbasi.

Masturbasi Bikin Remaja Puber Jerawatan Ternyata Mitos, Ini Faktanya Menurut Dokter

Dalam masa pubertas itulah biasanya akan muncul jerawat di wajah serta rasa ingin tahu tentang kehidupan seksual yang akhirnya tersalurkan lewat kebiasaan masturbasi.

img_title
VIVA.co.id
2 Januari 2024