Remaja Zaman Now Lebih Cepat Puber, Dokter Beri Saran Perawatan Kulit yang Tepat

Ilustrasi kecantikan/wanita/perawatan kecantikan.
Sumber :
  • Freepik/denissmart

JAKARTA – Di era modern saat ini, anak-anak remaja semakin mudah mengakses informasi terkait dunia kecantikan. Sehingga tidak sedikit anak-anak muda yang sudah memberanikan diri mencoba berbagai rangkaian produk kecantikan hingga make up yang dapat digunakan sehari-hari.

Produksi Tembakau Sintetis, Remaja di Tangerang Ditangkap Polisi

Tren perawatan ke klinik kecantikan pun kian meningkat, apalagi kondisi saat ini membuat banyak remaja wanita berusia 11-12 tahun sudah mengalami menstruasi hingga memicu masalah pada kulit wajah mereka.

dr. Hengky N Hidayat mengungkapkan bahwa fakta di dunia kecantikan saat ini menemukan bahwa para remaja masa kini mengalami masa pubertas yang cenderung lebih cepat dibandingkan dengan orang-orang zaman dahulu.

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

Ilustrasi jerawat/kulit kering berjerawat.

Photo :
  • Freepik

Namun, para remaja yang ingin mulai merawat kulitnya juga tidak boleh sembarangan karena kesalahan dalam penggunaan produk kecantikan atau melakukan perawatan wajah justru dapat berakibat fatal. Dokter kecantikan itu mengimbau untuk terlebih dahulu melakukan pemeriksaan ke klinik kecantikan untuk mengetahui masalah kulit yang dimiliki.

Remaja yang Tewas di Hotel Jaksel Ternyata Sempat Kejang usai Dicekoki Narkoba

"Dokter harus melihat dulu kondisi kulit pasien, apa masalahnya, karena setiap individu itu unik. Masalah berbeda pasti solusinya berbeda," kata dr. Hengky, dalam acara press conference bersama Klinik Estetika dr. Affandi, di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis 27 Juli 2023.

Dokter Hengky menjelaskan, misalnya ada seorang pasien yang datang dengan masalah kulit berjerawat, maka dokter kecantikan pasti akan memberikan saran terkait jenis perawatan atau tindakan medis apa yang perlu dilakukan oleh pasien tersebut. Kemudian, jika ada pasien dengan masaah flek hitam, tentu akan diberikan saran perawatan yang berbeda dari pasien berjerawat sebelumnya.

"Dengan masalah jerawat tentu treatment yang kita sarankan pertama kali bisa dengan purrifying facial, misalnya untuk membersihkan wajah dari komedo dan jerawat. Apabila perlu, kita bisa kombinasi dengan acne peeling. Kalau jerawat meradang kita bisa lakukan injeksi," jelas dokter Hengky.

Selain kulit berjerawat, ada beberapa masalah kulit lainnya yang banyak dialami oleh anak-anak muda masa kini. Salah satunya adalah masalah penuaan dini atau aging yang menghampiri di usia 20-an.

Ilustrasi wanita/masker/skincare.

Photo :
  • Freepik/senivpetro

Masalah penuaan dini pada dasarnya disebabkan oleh perawatan wajah yang kurang tepat hingga terlalu sering terpapar oleh sinar matahari. Sebelum masalah penuaan dini menjadi semakin para hingga menimbulkan keriput, biasanya diawali dengan kondisi kulit yang kering dan kusam.

Dokter Hengky mengungkapkan bahwa orang-orang di usia 20-an sebenarnya sudah boleh memakai produk kecantikan dengan kandungan anti-aging apabila memang mengalami masalah kulit tersebut. Untuk memaksimalkannya, bisa juga dengan tindakan medis seperti filler atau botoks apabila masalah yang dihadapinya juga sudah dalam kategori yang cukup parah.

"Sesuai pengalaman kami, usia 20 tahun itu sudah bisa menggunakan produk anti-aging. Kalau treatment, kita lihat lagi seberapa parah aging-nya. Kalau parah bisa dengan chemical peeling, kalau sudah parah sekali seperti keriput bisa dengan botoks atau filler, dan sebagainya," terangnya.

Akan tetapi, semua jenis masalah kulit dan bagaimana cara mengatasinya patut diperiksakan terlebih dahulu kepada ahlinya supaya tidak menyebabkan kesalahan yang berujung fatal.

"Jadi kembali lagi ke seberapa parah kondisinya. Kalau remaja mungkin tidak se-advance itu ya, pakai krim saja saya rasa sudah cukup," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya