Gelar Batik Nusantara 2023, Bangkitkan Batik di Masa Pasca-Pandemi

Gelar Batik Nusantara 2023
Sumber :
  • Ist

JAKARTA – Setelah hiatus tiga tahun akibat dampak pandemi COVID-19, Yayasan Batik Indonesia (YBI) akan kembali mengadakan acara besar tahunan mereka, Gelar Batik Nusantara 2023 (GBN 2023). Acara yang merupakan kebangkitan industri batik ini akan berlangsung di SPARK Senayan, Jakarta Pusat, mulai 2 hingga 6 Agustus 2023.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Dengan mengusung tema Batik, Bangkit!, GBN 2023 akan menjadi platform untuk memperkenalkan inovasi dalam industri batik. Scroll lebih lanjut ya.

"Acara kali ini akan memamerkan inspirasi batik dalam konteks interior rumah atau home living, menjadi hal yang membedakan GBN 2023 dari acara-acara sebelumnya," ungkap Diana Santosa, Ketua Pelaksana GBN 2023, dalam konferensi pers yang digelar baru-baru ini.

Pakar: Penambahan Kementerian yang Direncanakan Prabowo Harus Ubah Regulasi

GBN 2023 juga akan menampilkan batik tulis Complongan Indramayu, jenis batik yang telah mendapatkan pengakuan Indikasi Geografis. Menurut Diana, batik ini merepresentasikan seni dan keahlian budaya yang telah turun-temurun di wilayah Indramayu, Jawa Barat. 

Istana Pastikan Pansel Calon Pimpinan KPK Segera Diumumkan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan untuk membuka GBN 2023, sebagai bentuk dukungan Pemerintah terhadap upaya Yayasan Batik Indonesia (YBI) dalam melestarikan Batik Indonesia. Pameran ini terbuka untuk umum dan akan menampilkan lebih dari 250 booth UMKM Batik Indonesia dan juga kuliner Nusantara.

Beberapa program menarik lainnya yang akan disajikan dalam acara ini antara lain talk show seputar batik, kompetisi batik, sesi high tea, dan fashion show oleh enam desainer ternama Indonesia, yaitu Didi Budiarjo, Chossy Latu, Wilson William, Hutama Adi, Priyo Octaviano, dan Ghea Panggabean. Mereka akan menampilkan karya-karya batik mereka, dengan fokus pada Batik Indramayu.

Gelar Batik Nusantara 2023

Photo :
  • ist

Acara GBN 2023 juga melibatkan kerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia, Pemerintah Daerah Indramayu, dan lelang dua unit Vespa Batik dari Piaggio Indonesia untuk program Charity dan Fund raising. Tujuannya adalah untuk membantu pemberdayaan perempuan dan para penderita kanker di Indonesia.

Tiga Interior Designer Indonesia, yaitu Agam Riyadi, Anita Boentarman, dan Hardian Thomas, akan mengelola Batik dalam segmen Home and Living. Mereka akan memberikan inspirasi kepada masyarakat Indonesia tentang bagaimana mengintegrasi Batik sebagai bagian dari interior rumah.

Menutup rangkaian acara GBN 2023, akan diadakan Fun Walk and Run sejauh 5K pada Minggu pagi, 6 Agustus 2023. Diana Santosa menjelaskan bahwa event ini digelar untuk mempromosikan batik dan GBN 2023 pada umumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya