Mengajak Si Kecil Berkebun, Tingkatkan Kepedulian pada Alam

Manfaat berkebun bagi anak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Memulai berkebun di rumah tidak hanya membuat rumah lebih segar, tapi juga bisa menjadi sarana edukasi tersendiri bagi anak. Meski bagi sebagian terkesan kotor, berkebun ternyata juga mengajarkan banyak hal pada si kecil.

Berkebun Vertikal di Lahan Rumah Minimalis

Menurut Pegiat Jakarta Berkebun, Dina Rahmawati, hal ini bisa mengajarkan anak untuk lebih mencintai lingkungan. Dengan berkebun anak bisa diajarkan tentang pentingnya penghijauan, dengan menanam tumbuhan.

Jakarta Berkebun sendiri, lanjut Dina, beberapa kali memang kerap diminta ke sekolah-sekolah untuk mengenalkan cara dan mudahnya berkebun. Anak diajari cara mengolah tanaman, memberi pupuk dan merawat kebun.

35 SMP di Banjarmasin Ikuti Program Sekolahku Berkebun

"Jadi berkebun juga mengenalkan mereka, membuat hidup mereka lebih  bahagia. Jadi mereka paham makanan yang ada di meja itu begini prosesnya," kata Dian saat ditemui di acara Food for Better Days, di kawasan Cibubur Jakarta Timur, Minggu 22 Oktober 2017.

Di samping itu, berkebun juga membuat anak akan lebih menghargai tiap makanan yang dimakan. Mereka menjadi tahu proses panjang sebuah makanan sebelum dihidangkan di meja makan.

Cara Membangun Kebun Sayuran dalam Ruangan

"Yang terakhir juga mengenalkan bahwa tidak ada salahnya menjadi petani, atau menjalankan profesi sebagai berkebun. Dengan begitu juga mengangkat profesi ini," kata dia. (mus)

Berkebun termasuk hobi yang menyenangkan.

Mau Mulai Berkebun? Siapkan 5 Peralatan Ini Dulu di Rumah

 Berkebun bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Terlebih, kegiatan positif ini memberikan banyak manfaat, di antaranya meningkatkan koordinasi.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022