Mau Mulai Berkebun? Siapkan 5 Peralatan Ini Dulu di Rumah

Berkebun termasuk hobi yang menyenangkan.
Sumber :

VIVA – Berkebun bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Terlebih, kegiatan positif ini memberikan banyak manfaat, di antaranya meningkatkan koordinasi dan kekuatan tangan, menjaga kesehatan otak, bahkan dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung lho.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Nah, jika kamu tertarik ingin mulai berkebun dan masih bingung apa saja yang harus disiapkan, berikut beberapa peralatan yang mendukung untuk berkebun di rumah.

Bibit 

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

Pikirkan dulu kira-kira kamu akan menanam apa, kemudian cari bibit tanamannya. Mendapatkan bibit tanaman juga bukan perkara yang sulit, karena kini bibit tanaman banyak dijual secara online di e-commerce. 

Pot tanaman
Nah, buat kamu yang memiliki lahan terbatas di rumah, penggunaan pot bisa menjadi solusi untuk berkebun. Namun, jangan asal memilih pot ya, sesuaikan juga dengan jenis tanaman dan area peletakannya. 

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Cangkul atau sekop

Ilustrasi berkebun.

Photo :
  • U-Report

Untuk berkebun kita membutuhkan alat untuk menggali tanah dan menutupnya kembali setelah bibit ditanam. Di sinilah fungsi cangkul atau sekop untuk membantu dan mempermudah kamu melakukan pekerjaan tersebut.

pH meter 

Tanah memiliki kadar keasaman (pH) yang menunjukkan tingkat kesuburannya. Idealnya, kamu dianjurkan untuk menanam tanaman dengan dengan pH 7 (netral). Karena tanah dengan pH 0-6 cenderung asam, sementara pH 8-14 akan bereaksi basa. 

Selang air

Untuk berkebun, gunakan selang air plastik. Owner Brand Gemuk, Cheng Pan, menjelaskan, selang air biasanya terbuat dari campuran karet dan PVC. Teksturnya lebih tebal dan keras namun elastis serta ukuran diameternya lebih besar dari selang air transparan.

"Biasanya selang ini tersedia dalam berbagai pilihan warna. Pada ukuran lebih besar, selang ini digunakan untuk keperluan pengairan air pada tanaman di kebun," kata Cheng Pan dalam keterangannya, Jumat 4 Maret 2022. 

Menurutnya, ketebalan bahan selang ini juga tahan terhadap jenis cuaca ekstrem dan goresan ringan benda di sekitarnya. Cheng Pan mengatakan, selang air plastik juga biasanya tersedia dalam berbagai ukuran. 

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini banyak brand lokal yang sudah memiliki kualitas terbaik. Brand Gemuk yang telah berdiri sejak 2019, juga menjual peralatan rumah dan perkebunan, khususnya selang air. 

Tersedia pula selang gas LPG hingga 3 lapis dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Selang gas yang diproduksi memiliki keunggulan anti bocor dan tahan gigitan tikus karena berbahan tebal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya