Lima Tips Solo Traveling Aman dan Nyaman

Ilustrasi backpacker.
Sumber :
  • Pexels

VIVA.co.id – Beberapa orang mengira solo traveling atau berlibur sendiri tidak seaman ketika Anda pergi bersama-sama teman atau keluarga. Padahal banyak keuntungan berlibur seorang diri, mulai dari mencari pengalaman baru hingga membuat Anda menjadi pribadi yang lebih mandiri.

Backpacker ke 20 Negara, Siswa IDN Si Jago IT Berbagi Ilmu kepada Mahasiswa di Arab Saudi

Beberapa orang juga beranggapan jika berlibur sendiri memiliki sensasi yang berbeda. Mereka merasakan banyak manfaat dengan bepergian sendiri, seperti bisa mendapatkan teman-teman baru, lebih mudah mengambil keputusan dan tentunya pengeluaran biaya yang jauh lebih sedikit.

Namun, bagi Anda yang serius ingin berlibur sendiri, ada beberapa hal yang patut diperhatikan agar liburan berjalan aman dan lancar. Berikut ini beberapa di antaranya, seperti dilansir dari Huffington Post.

Polisi Bongkar Kasus Haji Backpacker, Korban Dijanjikan Paket Furoda VIP

Tetap terhubung dengan keluarga atau teman

Cara pertama yang penting untuk tetap aman saat bepergian sendiri adalah selalu dekat dengan keluarga dan teman. Meskipun tidak bersama mereka, setidaknya Anda selalu memberikan kabar kepada mereka melalui sambungan telepon. Mungkin Anda bisa juga memasang aplikasi Find My Friends di ponsel pintar agar orang-orang terdekat mengetahui kondisi Anda. Dengan demikian secara otomatis mereka akan mengetahui dimana posisi Anda.

Minister Encourages Service for Elderly-friendly Hajj, Backpacker Umrah

Cari tahu seluk beluk kondisi destinasi tujuan

Sebelum Anda melakukan perjalanan sendiri ke suatu tempat, pastikan Anda telah mengumpulkan banyak informasi mengenai tempat yang akan dikunjungi. Ini akan membantu Anda untuk mengetahui beberapa informasi penting tentang daerah tersebut. Untungnya, kini Anda bisa mendapatkan sebagian besar informasi gratis secara online. Anda juga dapat memeriksa situs blog untuk mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat.

Rencanakan akomodasi dan keuangan lebih awal

Akomodasi merupakan hal yang tak bisa disepelekan ketika Anda bepergian sendirian. Anda juga perlu membuat perencanaan keuangan secara matang agar uang yang dibawa cukup membawa Anda berlibur.

Jangan mabuk

Salah satu yang perlu Anda hindari adalah jangan sampai mabuk atau minum alkohol berlebihan. Itu karena ketika Anda tidak sadar dan dalam situasi tidak normal, Anda akan menjadi mangsa bagi para penjahat yang mungkin ada di sekitar Anda. jika Anda memang harus mengonsumsi minuman beralkohol, berusahalah untuk mengendalikan diri.

Simpan dokumen penting

Setiap kali Anda bepergian sendirian, selalu pastikan bahwa Anda membawa serta dokumen berharga setiap saat. Beberapa dokumen penting yang harus selalu Anda bawa adalah kartu identitas, paspor, kartu kredit, kartu asuransi kesehatan dan daftar kontak dan nomor-nomor penting.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya