China Akan Bangun Jembatan Transparan Terpanjang di Dunia

Desain jembatan kaca Martin Duplantier Architectes
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Bagi para penyuka tantangan, tentu harus merasakan sensasi berjalan di atas jembatan kaca tertinggi di dunia yang dibangun di pegunungan 'Avatar' China.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Belum lama ini, China memang telah meresmikan jembatan kaca terpanjang dan tertinggi di dunia di sebuah pegunungan yang menginsipirasi film 'Avatar' di Provinsi Hunan. Kini, sejumlah arsitek akan melakukan suatu yang lebih dari jembatan tersebut.

Dilansir laman Daily Mail, para arsitek itu kini telah mendesain jembatan kaca yang hampir tidak terlihat, namun memberikan pemandangan menakjubkan sekaligus menegangkan. Struktur jembatan ini dibuat untuk melebur dengan pemandangan pegunungan Zhangjiajie.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Jembatan transparan yang merentang di antara dua puncak gunung ini diperkirakan mengeluarkan biaya pembuatan hingga sekitar Rp67 miliar. Jembatan ini dibuat oleh perusahaan arsitektur Martin Duplantier Architectes, dan Daqian Landscape Architects, yang telah memenangi kompetisi desain.

Jembatan ini akan dibangun menggunakan kaca stainless steel dan lantainya akan dibangun dari batu hitam yang bisa memberikan pantulan saat basah. Ide pembuatan jembatan ini adalah struktur bangunannya bisa mencerminkan lingkungan sekitarnya, sehingga memberikan ilusi optik jembatan tersebut menyatu dengan udara. Tentunya jembatan ini tidak cocok bagi yang takut ketinggian.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Jembatan transparan ini akan dibuat dengan dua lapisan, jadi ada dua pilihan bagi pengunjung yang masih merasa takut. Tingkat atas akan menghubungkan dua batu dengan bentuk cakram elips dan lantainya tidak tembus pandang. Ada jalan jalur dari batu hitam akan mengarahkan pengunjung dari satu puncak ke puncak lainnya.

Di sekeliling jalur tersebut terdapat lapisan air setebal dua sentimeter yang akan menyembur setiap tujuh menit lewat pipa. Ini untuk menciptakan efek kabut dan awan sementara di antara pegunungan.

Sementara itu, lantai paling bawah adalah tempat bagi pengunjung yang berniat menguji nyali. Lantainya terbuat dari 100 persen kaca, sehingga membuat pengunjung bisa memandang langsung ke bawah.

Selain berjalan di atas jembatan menegangkan itu, pengunjung bisa tidur di salah satu dari tiga paviliun yang dibangun di dekat pegunungan tersebut. Paviliun akan dibangun bertingkat dan menawarkan pemandangan 360 derajat yang mengagumkan. Sebuah kafe akan di tempatkan di antara tingkat atas, dan bawah yang dibuka khusus untuk tamu VIP.

Pegunungan Zhangjiajie memang sudah dikenal sebagai lokasi jembatan kaca terpanjang dan tertinggi di dunia, jadi lokasi ini sudah menjadi salah satu tujuan wisata bagi para pemburu tantangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya