Kitsault, Kota Hantu yang Tertata Rapi

Kitsault
Sumber :
  • Kitsault

VIVA.co.id – Ketika berpikir kota hantu, Anda akan membayangkan kota yang hancur, kotor, jendela pecah, lantai rusak, tetapi di pantai utara dari British Colombia, Kanada, Anda akan menemukan rumah yang berjejer rapi. 

5 Tempat di Dunia Bikin Bulu Kuduk Merinding

Selain itu di lokasi ini juga terdapat pusat perbelanjaan, restoran, bank, pub, dan teater, yang ditinggalkan secara utuh dan bersih. Lampu di kota ini selalu menyala, jalan-jalan dipenuhi dengan pohon-pohon yang dipangkas rapi dan ada rumput yang baru dipotong, namun tidak ada orang menyebutnya Kitsault sejak 1982.

Kota Kitsault, dekat dengan perbatasan Alaska, yang terletak sekitar 115 kilometer menyusuri jalan kerikil, memiliki eksistensi yang sangat singkat. Ini dimulai pada tahun 1979 sebagai tempat pekerja tambang molibdenum.

Bagaimana Pandemi Virus Corona Ciptakan 'Kota-kota Hantu' di Dunia?

Molibdenum ini biasa digunakan untuk baja sebagai bagian agar tahan korosi. Tapi tambang tersebut tidak berlangsung lama karena harga molibdenum jatuh, dan membuat 1200 warga meninggalkan kota tersebut.

Dilansir laman Amusing Planet, kota ini hanya berdiri hampir 18 bulan setelah keluarga pertama menetap, harga molibdenum yang jatuh di pasaran karena resesi, menjadi penyebab kota ini ditinggalkan. Akhirnya tambang ditutup dan orang-orang mulai meninggalkan kota Kitsault.

Mendadak Ada Pohon Natal di Kota Hantu
Ilustrasi kota hantu.

Muncul Kota Hantu yang Bikin Geger Warga

Kota hantu itu bernama Desa Aceredo - sebuah kota kecil di perbatasan Spanyol-Portugal - di wilayah Galicia telah ditinggalkan seluruh penghuninya pada 1992.

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2022