Mobil Presiden Termiskin di Dunia Ditawar Rp12 Miliar

Jose Mujica bersama mobil kesayangannya.
Sumber :
  • www.sahafe.com

VIVAnews – Jika dengan menjadi orang penting dan terkenal bisa meningkatkan kekayaan, rupanya hal tersebut tidak berlaku bagi Presiden Uruguay, Jose Mujica. Bahkan, pria yang dilantik menjadi orang nomor satu di Uruguay itu juga pernah dijuluki ‘presiden termiskin di dunia’.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Julukan yang diberikan pada Mujica tersebut, bukan tanpa alasan, karena pria kelahiran 20 Mei 1935 itu memang sangat dikenal dengan gaya hidupnya yang sederhana.

Tak hanya itu, di dunia otomotif, Mujica juga sangat dikenal sebagai presiden yang eksentrik. Sebabnya, adalah gara-gara dia memilih mobil antik Volkswagen Beetle sebagai kendaraan operasionalnya sehari-hari.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Namun, kabar yang mengejutkan kini beredar bahwa sang kepala negara tersebut, mengaku mobil klasik kesayangannya itu ditawar dengan harga fantastis.

Dilansir BBC, Jumat 7 November 2014, mobil yang dikenal di Indonesia dengan nama VW Kodok ini ditawar seorang Sheikh dengan banderol US$1 juta, atau sekitar Rp12 miliar.

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Kepada majalah mingguan Busqueda, Mujica mengatakan bahwa apabila ia menerima tawaran tersebut, hasil penjualannya akan disumbangkan untuk membantu masyarakat miskin di Uruguay. Salah satunya adalah program pembangunan perumahan yang diperuntukan bagi golongan tunawisma.

Majalah tersebut, juga melaporkan bahwa tawaran tersebut diberikan saat puncak acara pertemuan G77 +China Summit yang dilangsungkan di Santa Cruz, Bolivia, awal 2014 lalu.

"Dulu pernah ada duta besar Meksiko yang menawar mobil saya. Awalnya, saya sedikit terkejut, namun kemudian tidak saya tanggapi secara serius. Tapi kemudian, tawaran lain datang dengan nominal yang lebih besar. Saya berpikir, banyak proyek pembangunan yang bisa terwujud dengan nominal sebesar itu," kata Mujica kepada Busqueda.

Presiden tersebut, juga mengatakan, kini ia tidak terlalu berkomitmen dengan mobil yang saat ini digunakan, dan akan dengan senang hati melelangnya.

Sebelumnya, ia pernah bergurau bahwa alasan untuk tidak menjual mobil tersebut, karena mobil berkelir biru muda itu digunakan untuk mengajak jalan-jalan anjingnya yang memiliki kaki tiga.

Sekedar informasi, pada 2010 Mujica dan para pejabat Uruguay diwajibkan memberikan laporan seluruh harta kekayaan. Ternyata, mobil VW Kodok lansiran 1987 tersebut, saat itu hanya bernilai US$1.800, atau sekitar Rp22 juta, tak lebih dari harga Yamaha V-Ixion dan Honda StreetFire.

Baca juga:

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya