Apa Saja Keunggulan dan Kekurangan New Honda City

New Honda City
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVAnews - Pasar mobil sedan Tanah Air terus menyusut dalam beberapa tahun terakhir. Namun, hal itu tak membuat kendur semangat Honda, untuk mengeruk keuntungan lewat sedan entry level besutannya, New City.

Honda sadar betul, diperlukan "senjata" khusus pada New City agar bisa menggaet konsumen di tengah sepinya pasar sedan dan ketatnya persaingan.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Tampilan mobil ini pun dibuat lebih menawan dengan performa mumpuni. Nah, untuk membuktikan itu VIVAnews mendapatkan kesempatan menjajal langsung New City Tipe E A/T (varian tertinggi).

Seperti biasa, sebelum mencoba performa mobil ini, ada baiknya untuk membedah terlebih dahulu eksterior dan interior.

New City memiliki desain anyar gril depan. Kesan elegan dan sedikit angkuh terpancar dari aplikasi krom. Ketegasan lekukan gril juga kian terdeteksi. Bumper depan turut mengalami perubahan total. Bentuknya terlihat lebih sederhana dari pendahulunya.

Berpindah ke samping, perubahan terjadi pada desain pelek. Retractable side mirror juga sudah menjadi kelengkapan standar. Sementara itu, bagian belakang terlihat pada cluster lampu baru dan bumper yang kini dilengkapi diffuser. Kedua ubahan itu membuat New City makin mewah.

Beralih ke kabin. Dimulai dari desain kenop pengatur AC yang diubah dan panel tengah dasbor yang sekarang tampak mengkilap. Sentuhan itu juga diberikan pada sisi konsol tengah dan tuas transmisi.

Sistem hiburan kian lengkap dengan adanya head unit double DIN yang tersambung dengan iPod, serta koneksi USB dan Digital Sound Processor (DSP).

Untuk panel instrumen, cahaya background biru terang membuat rona dasbor terlihat lebih dinamis. Eco lamp siap membimbing pengemudi untuk berkendara hemat dengan menyala saat berjalan santai.

Sentuhan juga tampak pada panel pintu dengan penggunaan material fabric lebih halus dan berkesan mahal. Cluster power window dan armrest disegarkan dan melaburnya dengan kelir lebih gelap.

Tidak banyak fitur yang ditawarkan New City, selain fitur-fitur standar yang memang sudah banyak terdapat pada merek-merek lain sekelasnya. Sebut saja airbags depan di kanan dan kiri, rem ABS, spion lipat elektrik, dan auto lock by speed .

Namun, yang paling mencolok dan nilai lebih adalah padle shifter di balik lingkar kemudinya. Menawarkan nuansa sporty, cocok bagi yang gemar berakselerasi stop and go di tengah kota yang padat.

Performa dan Handling

Honda New City dibekali mesin yang sama dengan Honda Jazz, yakni mesin 1.5 liter berteknologi i-Vtec. Selain hemat bahan bakar, urusan tenaga juga tidak mengecewakan.

Akselerasi yang ditawarkan tergolong lebih lembut dan hampir tidak terasa setiap perpindahan giginya. Limpahan tenaga sudah didapatkan pada putaran bawah, tak heran di jalur tanjakan Anda tidak akan kewalahan mengemudi mobil ini.

Soal konsumsi bahan bakar dengan rute kombinasi, New City menghabiskan 1 liter BBM untuk jarak 13,1 kilometer.

Mobil ini juga stabil dikebut di jalan tol karena suspensinya cenderung keras. Meski begitu tak mengganggu kenyamanan saat melibas jalan bergelombang.

Padatnya lalu lintas tak membuat sedan ini sulit dikendalikan, bahkan cukup gesit meliuk-liuk. Visibilitas New City tidak butuh konsentrasi ekstra.

Entah mengapa, harga mobil yang ditawarkan Honda saat ini bisa dikatakan kemahalan jika dibandingkan dengan rival sekelas. Apalagi jika dikaitkan dengan kelengkapan standar, seperti foglamp atau keyless entry, yang tidak ada di model termahal ini dengan banderol Rp286 juta. (art)

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti
Nurul Ghufron diperiksa Dewas KPK

MAKI Kirim Surat ke Nurul Ghufron, Minta Bantuan Mutasi ASN di Papua ke Jawa

Koordinator MAKI Boyamin Saiman mengirimkan sebuah surat kepada Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron meminta bantuan mutasi ASN dari Papua ke Jawa

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024