Menjajal Performa All New Honda City, si Penantang Vios

All New Honda City.
Sumber :
  • Foto: Herdi Muhardi/VIVAnews

VIVAnews - PT Honda Prospect Motor (HPM) April lalu secara resmi meluncurkan All New Honda City di Tanah Air. Sedan mini bersegmen generasi keempat ini diklaim mengalami banyak perubahan di segala sektor, mulai dari eksterior, interior, hingga performa.

Untuk membuktikannya, VIVAnews berkesempatan menjajal sedan yang digadang-gadang bakal menjadi penantang berat Toyota Vios itu di kawasan BSD, Tangerang. Berikut ulasan lengkapnya:

Bagian eksterior

Sebelum menjajal performanya, tak ada salahnya mengulik ubahan eksterior yang terjadi di mobil ini. Ya, All New Honda City memang mengalami banyak penyegaran pada bagian terluar sedan berlambang huruf H ini.

Penyegaran itu terlihat dari Chrome Grille, Stuning Headlamp, Foglamp, LED Turning Signal, Shark Fin Antena, Alloy Wheel 16 inci, Combi Lamp, Dynamic Bumper, Rear Reflector, serta Exclusive Rear Chrome Garnish. Kesan anggun dan mewah sudah pasti dikantongi mobil ini.

Bagian interior

Saat masuk ke dalam mobil, aura elegan sangat kentara. Dengan balutan jok bahan fabric berkelir hitam, interior City terbaru ini terasa lebih mewah.

All New Honda City memiliki kabin lebih luas dibanding generasi sebelumnya, yakni panjang 4.440 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.477 mm serta wheelbase 2.600 mm. Head room Honda City baru juga lebih tinggi serta ruang pijakan kaki yang lebih lapang.

Bicara AC, mobil terbaru City hadir lebih modern karena pangaturan dilakukan secara digital dan juga Touch Screen. Bagi penumpang bagian belakang tak perlu khawatir kepanasan, berkat Rear AC Ventilation yang diletakkan di bagian samping pengemudi, distribusi AC akan lebih cepat menyebar.

Mobil ini juga telah dilengkapi Comfortable Armrest with Cup Holder di bagian belakang kursi yang memungkinkan banyak tempat untuk menyimpan botol minuman.

Baik duduk sebagai penumpang atau pengemudi, desain dashboard mobil ini terkesan elegan, karena juga telah dilengkapi audio dan video layar sentuh 6.1 inci yang dilengkapi dengan AM/FM, CD, DVD, iPod/iPhone, Aux input, dan USB Port.

Performa mesin

Untuk menyalakan mesin, mobil ini tidak perlu mencolokkan kunci, karena Honda City teranyar ini telah mengadopsi One Push Ignition System. Artinya, cukup menekan tombol starter untuk menyalakan mesin.

Kesan modern terpampang jelas saat VIVAnews berada di balik kemudi, beragam fitur syarat teknologi disemat pada mobil ini. Sebut saja, Audio Steering Switch, speedometer modern dengan tampilan tiga display, serta Multi Information LCD display. Mobil ini juga telah dilengkapi Cruise Control, Econ Mode, Eco Assist, Electric Power Steering, dan juga Paddle Shift.

Saat dipacu di jalan sepi, tenaganya cukup mumpuni. All New Honda City mampu melesat hingga 140 km dan tetap dalam keadaan stabil.

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

Pantas saja, di sektor jantung pacu ternyata sudah mengalami penyegaran dengan mesin 1.5 L SOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC, DBW, PGM-FI yang sanggup menghasilkan tenaga 120 Ps pada 6.600 rpm dengan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm.

Soal keselamatan, mobil ini telah dilengkapi enam airbag (tipe ES), Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD)+Brake Assist, Vehicle Stability Assist, Brake Override System, Hill Start Assist, Pedestrian Protection, Pretensioner Seatbelt with Load Limiter, Isofix & Tether, Emergence Stop Signal, serta teknologi G-Con dan ACE.

Kekurangan All New Honda City

Kendati demikian, mobil ini bukan tanpa kekurangan. Meski tenaga yang dihasilkan terasa kuat, saat meluncur di jalanan berbatu kaki-kaki mobil sedikit terasa keras.

Ernando Ari yang Begitu Percaya Diri

Padahal, All New Honda City telah mengusung suspensi depan MacPherson Strut dan belakang H-Shape Torjon Beam.

Sedikit kekurangan lain dari mobil sedan terbaru ini, yakni tak ada koneksi Wi-Fi, padahal sang kompetitor, Toyota Vios, sudah melakukan hal itu. (art)

Ilustrasi lift.

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Ukurannya yang sangat besar, elevator atau lift penumpang terbesar di dunia ini mengandalkan sistem balok katrol inovatif yang terdiri dari 18 katrol besar, 9 kabel baja.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024