Lagi, Mobil Tiongkok Ini Jiplak Desain Produk Lain

Dojo Pioneer.
Sumber :
  • www.carnewschina.com

VIVAnews – Sepertinya sematan negara jiplak pada Tiongkok kian menggaung di seantero negeri. Betapa tidak, segala macam produk berhasil ditiru dan dijual dengan harga murah meriah. Tak heran jika kemudian para pemegang kekayaan intelektual gusar dengan tindakan tersebut.

Yang terbaru, kasus penjiplakan menimpa pada Ford yang bekerja sama dengan Aston Martin dalam produk Fiesta. Mobil tersebut ditiru desain grille-nya oleh perusahaan bernama Jiangsu Daoje Industrial Corporation pada mobil andalan terbarunya, yakni Dojo Pioneer. Demikian dilansir CarNewsChina, Selasa 9 Desember 2014.

Kemiripan lainnya ternyata tak hanya di sektor grille, mobil lstrik itu memiliki kemiripan dari penempelan logo serta bagian lampunya. Agar terlihat lebih trendy, perusahaan kemudian menjejali lampu kabut LED pada Dojo Pioneer.

Meski disindir banyak pihak, perusahaan tetap bergeming. Sepertinya, perusahaan tak memusingkan banyaknya anggapan pihak luar yang mencibir produk tersebut.

Bicara profil Dojo Pioneer, mobil listrik ini merupakan kendaraan lima penumpang yang hanya dapat melesat pada kecepatan maksimum 40 kilometer per jam. Artinya, mobil ini hanya dapat menyemburkan tenaga sekira 13,4 horse power.

Soal akselerasi, mobil ini dapat melesat dari posisi diam hingga 30 km per jam dalam waktu 9,6 detik. Pengecasan sendiri dapat dilakukan hingga satu jam untuk perjalanan sejauh delapan jam.

Baru Lunas di Usia 45 Tahun, Meisya Siregar Ingatkan Gen Z Soal Rumah KPR

Soal banderol, mobil ini dijual dengan harga US$7 ribu atau setara Rp85,6 juta (kurs Rp12.233 per 1 dolar AS). (art)

Baca juga:

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23, Irak Paksa Vietnam Angkat Kaki
Hacker/Intelijen siber.

3 Faktor Cegah Operasi Intelijen Siber, Jangan Terbalik

Ketiga faktor ini harus dipikirkan berurutan dalam menangkal operasi intelijen siber. Jangan terbalik. Kalau tidak dilakukan berurutan, maka akan jadi masalah.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024