Mobil Diesel, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Mesin diesel milik Toyota Innova terbaru.
Sumber :
  • Rushlane

VIVA.co.id - Setiap pengendara tentu memiliki kegemaran tersendiri terhadap standar tipe mobil serta mesin. Meski saat ini tipe bensin lebih banyak beredar, namun tak sedikit pula yang menyukai mobil dengan mesin diesel.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Sejumlah alasan pun disampaikan, di antaranya lebih irit bahan bakar. Namun, tentu ada pula kekurangan yang ada pada kendaraan bermesin diesel.

Dalam tulisan kali ini, VIVA.co.id akan merinci kelebihan dan kekurangan dari mesin diesel. Siapa tahu informasi ini bermanfaat bagi Anda yang tengah mempertimbangkan membeli mobil baru. Biasanya, sebelum membeli, sebagian calon konsumen membandingkan kelebihan dan kekurangan sejumlah mesin, termasuk diesel.

Berikut kelebihan mobil dengan mesin diesel:

1. Irit bahan bakar

Dalam hal keekonomisan bahan bakar, mesin diesel berada di atas mesin bensin. Mesin diesel umumnya memberikan 25 hingga 30 persen jarak tempuh bahan bakar lebih baik dibandingkan mesin bensin.

Mesin diesel juga dapat memberikan penghematan bahan bakar sebanyak atau lebih dari hibrida bensin-listrik tradisional, tergantung pada model dan perkembangan teknologi otomotif yang telah dicapai.

2. Efisien

Bahan bakar diesel adalah salah satu bahan bakar paling efisien saat ini. Efisiensi mesin diesel lebih baik dibandingkan dengan mesin bensin sehingga pada gilirannya mampu menghemat bahan bakar lebih baik.

Mungkin kebanyakan kita lihat bahwa mobil yang bermesin diesel mengeluarkan asap hitam yang pekat. Tapi jangan salah itu bisa diantisipasi dengan menggunakan bio diesel atau solar yang ramah lingkungan sehingga lebih minim polusi di bandingkan mesin yang berbahan bakar bensin.

3. Tak perlu busi

Mesin diesel tidak memerlukan busi. Oleh karena itu tentu menghilangkan sejumlah perawatan dan penggantian bagian pengapian.

4. Lebih kuat

Mesin diesel umumnya dibangun lebih kuat untuk menahan kompresi yang lebih tinggi. Akibatnya, mesin diesel cenderung lebih awet dibandingkan mesin bensin sebelum memerlukan perbaikan besar.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Sejauh ini, Mercedes-Benz memegang rekor umur terpanjang ketahanan mesin diesel yang bisa beroperasi hingga hampir 1,5 juta kilometer.

5. Torsi lebih besar

Mesin diesel dikenal memiliki torsi lebih besar dibandingkan mesin bensin. Torsi yang lebih tinggi berarti kenyamanan yang lebih baik terutama jika harus melibas medan-medan berat.

Berikut kekurangan mobil dengan mesin diesel:

1. Akselerasi kalah

Meskipun solar dianggap lebih efisien karena mengubah panas menjadi energi, namun dalam hal akselerasi, mesin diesel kalah dibandingkan mesin bensin. Sebagai perumpamaan, mesin bensin ibarat kuda pacuan; cepat dan berapi-api. Sementara mesin diesel lebih mirip kuda pengangkut; lebih lambat, lebih kuat, dan lebih tahan lama.

2. Seputar kelebihan air

Mesin diesel masih perlu perawatan rutin untuk menjaga kondisinya tetap baik. Anda harus mengganti oli dan filter bahan bakar.

Bahan bakar diesel yang lebih bersih tidak lagi mengharuskan Anda untuk mengeluarkan kelebihan air dari sistem mesin, tetapi masih banyak kendaraan memiliki pemisah air yang perlu dikosongkan secara manual.

3. Injeksi rentan

Jika mengabaikan pemeliharaan dan sistem injeksi bahan bakar rusak, Anda mungkin harus membayar lebih banyak untuk menggantinya dibandingkan mesin bensin. Karena, mesin diesel umumnya memiliki teknologi yang lebih maju.

(Sumber: Amazine)

Siapa Bilang Ban Serep Mobil Tak Butuh Perawatan? Wajib Tahu
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016