Kenapa Servis Berkala Itu Tiap 10.000 Km

Servis mobil. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Servis berkala atau servis rutin pada mobil merupakan hal yang diwajibkan oleh pemilik kendaraan roda empat guna menjaga performa dan kondisi kendaraan. Selama ini, sesuai dengan buku petunjuk, pemilik diwajibkan servis berkala setiap 10 ribu kilometer.

Bengkel Bodi dan Cat Mitsubishi Terima Semua Merek Mobil

Tentu pabrikan memiliki alasan mengapa servis berkala diwajibkan tiap 10 ribu kilometer. Penjelasan diberikan oleh General Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurrahman.

"Misalnya kampas rem sudah tipis. Sifatnya preventif agar jangan sampai pelanggan mengalami gangguan selama yang bersangkutan menggunakan mobilnya," kata Iwan kepada VIVA.co.id di Jakarta, Jumat 3 Februari 2017.

Mau Punya Mobil Subaru, Ini Kisaran Biaya Servis Rutinnya

Hitungan 10 ribu km atau enam bulan mana yang lebih dulu tercapai itu menurut Iwwan mempertimbangkan pada kemampuan parts itu sendiri. “Bukan berart parts itu tidak kuat, hanya saja perlu dicek. Sebagian memang ada parts yang masanya 10 ribu kilometer, seperti oli,” katanya.

Namun demikian kata dia, servis berkala tiap 10 ribu kilometer itu diperuntukkan bagi penggunaan mobil yang normal. Artinya kendaraan tak dibawa dengan kecepatan tinggi dan kerap melintasi jalan-jalan yang berdebu.

Bengkel Ini Kerap Disambangi Pemilik Mobil Subaru

"Kalau penggunaan mobil cukup ekstrem, semisal sering ngebut dalam waktu yang lama maka interval servis jadi setengahnya. Contoh, penggantian oli menjadi tiap 5 ribu kilometer," kata Iwan.

Pabrik Suzuki di Indonesia

Suzuki Indonesia Setop Produksi 2 Pekan, Gaji Karyawan Tetap Full

Untuk mencegah penyebaran virus corona.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2020