Motor 'Hantu', Tunggangan Baru Pasukan Elit AS

Motor Zero MX
Sumber :
  • motorcycle.com

VIVAnews - Kesatuan khusus pasukan militer Amerika Serikat bakal menambah armada untuk operasional mereka. Kali ini sepeda motor buatan Zero.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun

Dilansir Motorcyle, Jumat 10 Mei 2013, motor 'hantu' ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki sepeda motor pada umumnya. Salah satunya, diklaim dapat berakselerasi tanpa suara alias senyap layaknya 'hantu'. Kemampuan lainnya adalah bisa melibas berbagai jenis permukaan jalan, bahkan medan terganas sekalipun.
 
Pada dasarnya motor ini menggunakan platfom dari Zero MX, namun dikembangkan berdasarkan permintaan dari militer AS. Dengan begitu, ada sejumlah fitur rahasia yang tidak bisa didapat model sipil. Jumlah unitnya juga terbatas.

Zero MX menggunakan sistem keyless ignition, di mana bagian depan dan belakang terintegrasi dengan sistem infra merah. Saklar lampu juga diinstal agar dapat dimatikan untuk tugas malam dan mampu menyimpan tenaga cadangan. Motor ini diklaim mampu mengarungi rintangan berat walaupun terendam air setinggi satu meter.

Fitur lainnya adalah pelindung tangan, footsteps agresif, dan kait yang dapat dihubungkan dengan kabel towing.
 
Untuk sektor jantung pacu, Zero MX versi militer AS sama dengan yang dijual umum, yaitu baterai modul tunggal ZF2.8 bertenaga 27 hp dan torsi 68 ft-lb, dan juga tipe modul ganda ZF5.7 bertenaga 54 hp.
 
Baterai itu dapat dilepas dan dipasang kembali dalam waktu di bawah satu menit. Dibutuhkan 2,7 jam untuk mengisi baterai model ZF2.8, adapun untuk model ZF5.7 selama 4,9 jam. Tapi jika menggunakan charger versi CHAdeMO, Zero mengklaim hanya membutuhkan 1,5 jam.
 
"Ini adalah pengalaman berharga untuk tim Zero. Militer membutuhkan spesifikasi yang sangat detail pada fitur MMX. Kita siap mengirim unitnya untuk mereka," kata Abe Askenazi, Chief Technology Officer Zero Motorcycles.

Lebih lanjut, Abe mengatakan ada kabar baik untuk konsumen sipil, karena ia memutuskan untuk menerapkan versi militer ke line up MX 2013.

"Varian FX dan XU akan mendapatkan perangkat tambahan yang sama dengan kebutuhan militer. Jadi produk 2013 kami akan benar-benar kelas militer," katanya. (umi)

Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024