Rekor Baru Touring Motor Injeksi Terjauh 8.233 Km

Ekspedisi Nusantara yang dilakukan Astra Honda Motor (AHM)
Sumber :
  • Dokumentasi AHM
VIVAnews
Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga
- Ekspedisi Nusantara melintasi tiga pulau yang dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM) telah berakhir. Dengan menggunakan tiga motor injeksi; Verza 150, CB150R StreetFire dan New MegaPro FI, yang dikendarai para 12 rider, ekspedisi dalam bentuk touring ini telah menempuh jarak 8.233 km.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Pencapaian ini sekaligus membuktikan ketangguhan, keiritan, serta performa dari 3 model sport injeksi terbaru Honda yang digunakan dalam touring selama 23 hari.
Doa Ibunda untuk Ernando Ari dan Indonesia U-23


Atas keberhasilan itu, Ekspedisi Nusantara memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) sebagai touring terjauh motor berteknologi injeksi dengan jarak 8.233 Km.


Ekspedisi Nusantara mengawali perjalanan mulai dari titik nol terbarat Indonesia di pulau Weh, Sabang, Aceh. Beragam kondisi cuaca dan jalan dapat dituntaskan dengan zero accident dan tanpa kendala berarti.


Perjalanan yang dilewati juga penuh tantangan, berupa kelokan, naik turun hingga kondisi jalan yang belum selesai diperbaiki setelah tergerus hujan di Sumatera.


Di pulau Jawa, jalan macet, bergelombang, hingga terjal dan curam juga dilalui seperti halnya di pegunungan Bromo. Rombongan mengakhiri touring dengan menaklukkan jalanan berbukit dan berkelok dan menyusuri pedalaman Kalimantan sebelum akhirnya finish di titik nol Katulistiwa di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.


Ketiga motor sport injeksi Honda diklaim telah berhasil membuktikan performanya. Di pulau Jawa, Honda Verza 150 sempat mencatatkan rekor konsumsi BBM teririt sebesar 84,5 km/liter pada rute Bekasi–Purwokerto dalam kondisi jalan macet dan rusak.


Sementara mesin DOHC Honda CB150R StreetFire juga sempat diuji para rider dan menghasilkan akselerasi hingga 8 detik pada sebuah trek lurus 200 meter di wilayah perbatasan Kalimantan Selatan. CB150 juga dengan membukukan top speed 151 km/jam. Rekor ini dicatatkan saat rider melintasi jalanan sepi dan beraspal mulus sebelum memasuki Palangkaraya.


"Ekspedisi ini membuktikan ketangguhan tiga motor sport injeksi Honda, hingga mencetak rekor MURI baru," ujar Agustinus dalam keterangan tertulis, Senin 17 Maret 2014.


Misi Khusus

Sepanjang perjalanan di tiga pulau, rombongan Ekspedisi Nusantara juga melakukan beragam kegiatan sosial dan budaya sebagai bagian dari langkah nyata berbagi untuk negeri.


Diantaranya, memberikan donasi untuk korban letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara, memberikan bantuan beasiswaa SMK 2 Pontianak dan SMK 7 Pontianak.


Di bidang kebudayaan, para rider juga ikut bergotong royong bersama masyarakat Tengger membersihkan Pura Dharma Santi di desa Ngadisari Gunung Bromo, Jawa Timur.


Sementara di bidang pemberdayaan masyarakat, touring ini memberikan bantuan genset untuk masjid Sebabi di kota Sampit dan bantuan tandon air untuk masyarakat di Kampung Dayak, Kalimantan Tengah.


Selain itu, para rider juga sempat melakukan aksi penanaman 10.000 pohon trembesi di Banyuwangi sebagai perwujudan aksi peduli di bidang lingkungan. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya