Geliat Lapak Pelek Motor Bekas, Tak Pernah Sepi Peminat

Bursa onderdil bekas di Jalan Raya Bogor KM 72, Jakarta Timur.
Sumber :
  • FOTO: Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Salah satu komponen yang tak pernah sepi dari perburuan konsumen sepeda motor adalah suspensi dan pelek. Kedua peranti ini memang memiliki peran penting pada kendaraan, sekaligus menyumbang banyak porsi dalam urusan penampilan. 

Ada Kabar Baik untuk Pemilik Mobil Suzuki yang Masih Garansi

Bagi kalangan yang memiliki uang berlebih, tentu akan membeli shockbreaker dan pelek terbaru jika ingin menggantinya. Namun bagi kalangan dengan kocek terbatas, bisa berburu suku cadang "copotan" alias bekas sebagai alternatif. Terlebih, harga yang ditawarkan relatif murah.

"Shockbreaker ada, model yang bekas dijual dan juga yang baru. Mulai dari YSS, CBS dan shock orisinal kalau mau disediakan," kata Ahmad, salah seorang penjual suku cadang motor bekas di Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur saat berbincang dengan VIVA.co.id, Senin, 6 Februari 2017.

Beli Spare Part Suzuki Online, Pasangnya di Mana?

Soal harga, kata Ahmad, terbilang cukup murah ketimbang membeli baru. Tetapi tentu dibutuhkan kejelian agar Anda mendapatkan komponen bekas yang bagus dan layak digunakan. "Kalau harga variasi, misal mau yang rekondisi begitu ya lebih murah Rp100 ribu ada. Tapi kalau yang bekas bagus Rp150 ribuan model CBS, dan Rp350-450 ribu model YSS," ujarnya. 

Selain menjual suspensi bekas, Ahmad juga menerima servis shockbreaker. Harga yang ditawarkan untuk servis mulai dari Rp20 ribu hingga Rp50 ribu, tergantung jenisnya. Sementara bagi yang tengah mencari pelek bekas tapi berkualitas, Iman, salah seorang pedagang lainnya mengatakan, pihaknya menjual model pelek baik itu jari-jari atau pun racing.

Begini Cara Mudah Cari Spare Part Langka Suzuki

"Kalau yang matik orisinal, seperti Scoopy atau pun Beat itu bekas harganya Rp650 ribu. Tapi kalau yang pelek jari-jari, itu harganya Rp300 ribu sampai Rp400 ribu, tergantung mereknya," katanya.
 

Ilustrasi. Suku cadang sepeda motor di Cibubur, Jakarta Timur.

Tanpa Disadari Kebiasaan Sepele Ini Bikin Motormu Rusak

Suku cadang palsu. Meski harganya jauh lebih murah ketimbang versi asli, tapi daya tahan komponen ini sangat rentan rusak.

img_title
VIVA.co.id
8 Desember 2020