Merek Legendaris BSA dan Jawa Bangkit dari Kematian

Motor BSA.
Sumber :
  • Midday

VIVA.co.id – Setelah mengalami kebangkrutan, merek sepeda motor fenomenal di era 1950-an Birmingham Small Arms (BSA) kini bakal kembali bangkit. Merek asal Inggris yang laris manis pascaperang dunia itu kini bakal dikendalikan raksasa otomotif India, Mahindra, melalui anak perusahaannya Classic Legends Private Limited.

Target Motor Merek Jawa: Bisa Laku 7.500 Unit Tiap Bulan

Mereka baru saja menandatangani lisensi eksklusif untuk menghidupkan kembali BSA. Selain BSA, Mahindra juga telah mendapat lisensi untuk membangkitkan motor pabrikan asal Ceko, Jawa Motorcycle. Sekilas soal Jawa Motorcycle, jenama ini memulai debutnya pada tahun 1929 di Ceko, hingga pertengahan tahun 1950 mereka masuk ke India. Pada tahun 1996 Jawa motorcycle mengakhiri produksinya di India, dan kini beralih tangan ke Mahindra.

Seperti dilansir Rideapart, Jumat 28 Juli 2017, Mahindra akan memposisikan BSA dan Jawa sebagai motor premiumnya. Namun belum diketahui kapan debut motor terbaru dari BSA dan Jawa akan mulai dilakukan. 

Setelah Jawa, Kini Motor BSA akan 'Bangkit dari Kubur'

"Kami sangat gembira dengan perjalanan baru yang kami embarking (menaikkan) pada dua merek ternama di dunia," kata Pawan Goenka, Mahindra's Automotive Business Managing Director. "Fokus kami pada segmen premium dan akan menghidupkan kembali beberapa ikon. Tak hanya dalam bentuk produk, merek seperti BSA dan Jawa akan mengisi seluruh gaya hidup berkendara."

Sementara itu menurut Auto Pro Mag, sumber di industri menyatakan bahwa motor Jawa dan BSA akan dijual terpisah dari Mahindra. Keduanya bakal memiliki jaringan diler sendiri. Rumor juga menunjukkan bahwa motor itu akan diproduksi di pabrik Mahindra di Pithampur, Madhya Pradesh. BSA dipersiapkan dijual di banyak negara Eropa dan Amerika, sementara Jawa akan difokuskan di pasar Asia.

Baru Meluncur, Inden Motor Ini Mencapai 9 Bulan
Pemilik motor Jawa mendatangi diler dengan membawa dua ekor Keledai

Diler Sepeda Motor Digeruduk Dua Ekor Keledai, Ada Masalah Apa?

Dua Keledai itu ternyata dibawa pemilik sepeda motor yang protes.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2020