Surutnya Ekonomi RI Jadi Celah Bagi Produsen Mesin Taiwan

Mesin asal Taiwan yang digunakan untuk memproduksi onderdil otomotif.
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Perkembangan produk mesin industri otomotif asal Taiwan di pasar nasional mengalami peningkatan.

Bea Cukai Langsa Aceh Sita Onderdil Harley Davidson

Kualitas yang tidak kalah baik dengan produk Jepang atau Eropa, namun memiliki harga lebih terjangkau, menjadi salah satu alasan produk ini mulai diterima pasar.

Selain itu, surutnya perekonomian Indonesia membuat produsen mesin ini mendapatkan angin segar.

Kebakaran di Gambir, Puluhan Rumah dan Toko Onderdil Nyaris Ludes

"Perkembangan ekonomi Indonesia yang mengalami pasang surut itu yang dimanfaatkan perusahaan Taiwan untuk memunculkan produk mesin yang lebih kompetitif," kata Direktur PT Omega Taiyo Teknologi, Subhan Herman Hendro, di Cikarang, Jawa Barat, Kamis, 20 Oktober 2016.

PT Omega Taiyo Teknologi sendiri, menurut Subhan, merupakan perusahaan yang memasarkan mesin-mesin untuk industri otomotif dari Taiwan.

Cari Onderdil Motor Lama Tak Lagi Susah

"Untuk pasar di Indonesia, 70 persen berpusat di Jakarta, lalu Jawa Barat dan sekitarnya. Sisanya, sekitar 10 persen ada di Surabaya dan 20 persen terpencar di Jawa Tengah, Medan serta Balikpapan," ujar dia.

Subhan mengungkapkan, produk Taiwan berbeda dengan mesin-mesin yang dimiliki oleh bengkel jalanan di Indonesia, yang kebanyakan memakai produk buatan Tiongkok.

Namun jika dibandingkan dengan buatan Jepang, ia mengakui, mesin buatan Negeri Matahari terbit itu masih sedikit lebih unggul dari sisi kualitas.

"Kami menawarkan mesin yang lebih murah dan user friendly. Biasanya untuk pembuatan onderdil otomotif,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya