Fungsi Spoiler pada Mobil, Banyak yang Belum Tahu

Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id - Meski memiliki dan bisa menguasai mobil, banyak orang yang tak paham betul soal beberapa komponen yang ada di dalam mobil. Bahkan, ada yang mengira bila komponen itu dijejali hanya sekadar untuk mempercantik kendaraan saja.

Salah satunya, spoiler. Padahal, spoiler yang bertengger di belakang mobil memiliki sejumlah fungsi. Yakni, memberikan gaya ke bawah atau downforce untuk mengurangi daya angkat (lift) yang timbul karena kecepatan tinggi. Demikian dilansir situs resmi Toyota, Jumat 22 Januari 2016.

Tak cuma itu, kini spoiler juga berguna untuk meningkatkan handling atau disebut juga dengan sistem pengendalian mobil. Spoiler mampu membantu meningkatkan handling dengan cara meningkatkan efek aerodinamis kendaraan yang dimiliki.

Beberapa produsen mobil pun telah mengembangkan komponen ini sehingga mampu mengembang ketika mobil melaju dengan kecepatan 100 kilometer per jam.

Tak cuma keluaran pabrikan, saat ini sudah banyak spoiler produk aftermarket yang dijual di pasaran. Alhasil, jika mobil Anda tak dibekali spoiler, bisa menambahkannya. Tetapi, belum tentu juga memiliki fungsi yang sama jika dibandingkan dengan versi original.

Selain itu, spoiler yang terpasang secara tidak benar tidak akan mampu meningkatkan downforce kendaraan. Terlebih lagi, jika spoiler aftermarket yang Anda pilih terlalu berat, maka akan memengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan.

Efeknya akan sama ketika Anda memutuskan memasang aksesori kendaraan yang semakin memperberat beban mobil.

Sedangkan pada mobil balap, komponen semacam ini dinamakan wing dengan fungsi yang hampir mirip dengan spoiler sendiri. Namun, wing berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan spoiler.

Menariknya lagi, mobil-mobil biasa pun sudah banyak yang menggunakan wing seperti halnya mobil balap.
Perlu diingat jika penggunaan wing ini sebenarnya tidak terlalu tepat karena akan semakin membebani kinerja mesin mobil.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016