Sering Cuci Helm Ternyata Berbahaya, Kok Bisa?

Helm Arai
Sumber :
  • Foto: VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - Helm diketahui merupakan salah satu perlengkapan keselamatan dalam berkendara yang dapat menjaga kepala dari benturan. Begitu vitalnya peran helm tentu wajar untuk perlengkapan satu ini diberikan perawatan termasuk dicuci secara rutin.

Namun karena berbagai alasan banyak biker yang melakukan perawatan dengan menggunakan jasa pencucian helm yang banyak beredar di tempat parkir sebuah pusat perbelanjaan. Namun cuci helm di tempat tersebut justru berdampak buruk dan mempengaruhi tingkat kerja helm.

Brand Technical Support Cargloss Proriders, Irwan, mengungkapkan, jasa pencucian helm biasanya menggunakan bahan dasar deterjen. Hal tersebut ternyata dapat berpengaruh pada kinerja styrofoam pada helm.

"Sterofom memang sebenarnya tidak boleh dicuci.  Karena waktu dicuci itu biasanya pakai deterjen dan sifatnya deterjen itu panas jadi jika tak bersih saat membilas justru mempersingkat umur sterofom," katanya di kawasan Senayan, Jakarta.

Irwan menambahkan, namun tetap saja perawatan untuk helm dibutuhkan. Namun tetap dengan cara yang benar, seperti mencopot busa dan kain yang terdapat pada helm.

"Sayangnya, kalau di tempat cuci, helm dicuci semuanya. Padahal yang perlu dicuci itu hanya inernya atau kain-kainnya saja, jadi yang boleh dicuci hanya itu saja," kata Irwan.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016