Ini Fungsi Penutup Kotak di Bumper Mobil

Tutup kotak pada bumper mobil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Krisna Wicaksono

VIVA.co.id – Berbeda dengan zaman dulu, mobil-mobil buatan tahun 2000 ke atas memiliki kotak kecil di bagian bumper, dekat dengan lampu kabut, atau fog lamp.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Pada pinggiran kotak ada garis penanda bahwa kotak tersebut bisa dicopot. Saat dibuka, terlihat sebuah lubang untuk menancapkan baut. Lalu, apa fungsinya?

Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, Iwan Abdurahman mengatakan, kotak itu memang sengaja didesain, agar bisa dibuka tutup. Fungsinya untuk melindungi lubang yang ada di baliknya dari percikan air dan kotoran.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Sedangkan fungsi dari lubang itu sendiri, adalah sebagai tempat untuk memasang pengait khusus (towing hook) yang dipakai saat mobil mogok dan perlu diderek.

"Tidak semua mobil Toyota towing hook ada disitu. Itu hanya di Avanza saja. Kalau di Innova lama, pengaitnya di bawah bumper," ujarnya kepada VIVA.co.id, Kamis 2 Maret 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Hal yang sama diutarakan Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi. Ia menjelaskan, pengait diperlukan saat mobil harus diderek akibat mengalami kerusakan.

"Semua mobil ada tempat hook itu, cuma memang posisinya beda-beda," tuturnya.

Lalu, di mana pemilik mobil mendapatkan pengaitnya?

“Semua mobil dilengkapi dengan baut towing hook. Alatnya berbentuk seperti baut dan biasa disimpan bersama dengan alat dongkrak,” ungkap Iwan.

Tow hook.

Tow hook (Foto: Istimewa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya