Lagi, Pabrikan Mobil Tiongkok Jiplak Desain Mobil Mewah

Porsche Macan versi Tiongkok
Sumber :
  • Carnewschina

VIVA.co.id - Meski sudah berkali-kali menuai kontroversi, namun banyak pabrikan otomotif asal Tiongkok yang masih terus menjiplak desain mobil-mobil mewah yang laris di pasaran.

Porsche Rongsok Ini Dijual Rp2,5 Miliar

Kali ini model mobil yang ditiru habis-habisan adalah Sport Utility Vehicle (SUV) buatan Jerman, yaitu Porsche Macan. Dilansir dari Paultan, Rabu 10 Juni 2015, perusahaan yang meniru desain Macan adalah Zotye.

Diberi nama Zotye T700, mobil ini dibuat persis sama seperti eksterior Macan, mulai dari grille besar di bagian depan, atap melengkung khas mobil coupe hingga bagian belakang mobil yang dibuat lebar.

Mobil Porsche Ini Nampak Karatan, Padahal Cuma Ditempeli...

Bahkan lampu belakang dan side garnish yang ada di sisi samping juga dibuat mirip. Namun untuk mencegah adanya tuntutan dari pihak Porsche, Zotye sengaja mengubah desain lampu depan.

Desain lampu belakang juga dibuat sedikit berbeda, dimana meski bentuknya sama, namun mika penutup lampu dibuat rata dengan rumah lampu. Hal ini berbeda dengan Macan, yang mengusung desain berlekuk pada mika lampu belakangnya.

Interior Mobil Baru Ini Paling Penuh dengan Layar Sentuh

Untuk menggerakkan mobil, Zotye memasang mesin berkapasitas 2.000cc dengan tambahan turbocharger, lagi-lagi mirip spesifikasi mesin Macan. Namun tentu saja, tenaga yang dihasilkan tidak mungkin sama. T700 diklaim mampu mengeluarkan tenaga sebesar 177 daya kuda, sementara Macan 237 daya kuda.

Untuk harga, T700 dijual dengan banderol 170 ribu Yuan, atau setara dengan Rp364 juta. Angka ini jauh di bawah harga Macan, yang di Tiongkok mencapai 558 ribu Yuan, atau sekitar Rp1,2 miliar.

Porsche Panamera.

Mobil Mewah Lenyap Gara-gara Kesalahan Petugas Valet

Petugas memberi kunci bukan kepada pemilik mobil.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016