Sejumlah Artis akan Berangkat Kunjungi Pengungsi Rohingya

Aksi solidaritas artis untuk Rohingya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Shintaloka Pradita Sicca

VIVA.co.id – Tragedi yang menimpa masyarakat Rohingya di Myanmar hingga saat ini telah menggerakan hati sejumlah selebiriti Tanah Air, yaitu Eddies Adelia, Mandala Shoji, Fadli, Indra Brugman, dan Tommy Kurniawan, untuk memberi bantuan melalui Yayasan Darul Rizky Pratama.

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

Mereka juga siap untuk berangkat memberikan bantuan tersebut secara langsung. Melalui Yayasan Darul Rizky Pratama, penggalangan dana pada Jumat lalu telah terkumpul Rp86,5 juta dan US$20 ribu atau sekitar Rp265 juta.

"Baru buka tiga hari, Jumat baru mulai share. Jumlah dana itu baru dari bank dan masyarakat, dari seleb belum karena mereka baru tahu hari ini," ujar Ketua Yayasan Darul Rizky Pratama, Ermi Yuspa, di Hotel 101 Dharmawagsa, Jakarta pada Senin, 18 September 2017.

11 Warga Rohingya Meninggal di Perairan Barat Aceh, Menurut Laporan Imigrasi

Rencananya, bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat Rohingya difokuskan berupa fresh money, tapi juga disediakan jilbab dan sarung. Saat ini terkumpul jilbab dan sarung sebanyak masing-masing dua ribu potong.

Ermi mengatakan tidak ada target besaran dana atau barang yang ingin dikumpulkan karena semula tidak terpikir jika para artis mau berpartisipasi. Jadwal keberangkatan tim penyalur bantuan ini, yaitu antara 30 September hingga 1 Oktober.

6 Jenazah Diduga Pengungsi Rohingya Kembali Ditemukan di Perairan Aceh

"Berangkat tentatif 30 September sampai 1 Oktober karena visa keluar 30 September pas hari libur. Jadi tentatif, kemungkinan berangkat 1 Oktober," ungkapnya.

Ada delapan orang yang akan diberangkatkan menuju ke lokasi pengungsian Rohingya di perbatasan Bangladesh dan ke wilayah Rohingya langsung. Ermi menyebut, artis yang akan berangkat adalah Eddies Adelia, Mandala Shoji, dan Fadli, yang akan turun memberikan donasi di posko pengungsian, Bangladesh.

Lima orang sisanya, disebutkan Ermi adalah tim khusus dari yayasan. Tim tersebut berperan untuk membuka jalan menuju Rohingya dan memberikan informasi kebutuhan pengungsi.

"Tidak ada embel-embel ingin dipuji, semata ingin membantu sesama umat manusia. Intinya kita hanya punya satu tujuan, yaitu menolong untuk kemanusiaan," timpal Mandala Shoji.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya