Soal Test Event Asian Games, Menpora: Tak Usah Dipaksakan

Menpora Imam Nahrawi
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA - Test event untuk Asian Games 2018 akan digelar mulai bulan depan. Setidaknya ada sembilan cabang olahraga yang akan mengikuti kegiatan tersebut.

Test event akan berlangsung mulai 8-24 Februari 2018 di Jakarta. Dari sembilan cabang olahraga, baru enam yang sudah memastikan untuk ikut.

Panitia pelaksana Asian Games (INASGOC) akan mempertandingkan atletik, angkat besi, basket, tinju, sepakbola, pencak silat, taekwondo, dan voli indoor saat test event. Namun, sepakbola, voli dan basket belum tentu ikut karena minimnya peserta.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan, cabang olahraga yang kesulitan mencari peserta sebaiknya tidak perlu memaksakan diri untuk ikut. Meski, Imam menambahkan, test event sangat penting untuk melihat kesiapan Indonesia dalam menyelenggarakan Asian Games nantinya.

"Tidak usah dipaksakan jika memang kesulitan mencari jumlah peserta. Lebih baik kita fokus ke hal yang lainnya," kata Imam disela-sela acara Rakor Teknis Kepegawaian di Kemenpora, di Cianjur, Jawa Barat, Jumat 19 Januari 2018.

"Lebih baik kita fokus kepada pelatnas jangka panjang saja. Mungkin juga kan ini jadi hal yang baik buat INASGOC karena untuk efisiensi anggaran," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua INASGOC, Erick Thohir memang masih memberikan toleransi kepada tiga cabang olahraga untuk berusaha mencari peserta. Untuk test event sendiri, INASGOC meminta jumlah peserta minimal empat negara.

"Pekan depan deadline-nya, kareta tidak mungkin kami ada toleransinya lagi. Jadi buat cabang olahraga, kami mohon maaf bukan kami arogansi tapi supaya sistem berjalan dengan baik," kata Erick.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia
Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024