Polisi Belgia Temukan 12 Orang Masih Hidup di Dalam Truk Berpendingin

- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Dua belas orang pria ditemukan bersembunyi di dalam truk kontainer berpendingin di tempat parkir di dekat jalan tol di provinsi Antwerp, Belgia, kata polisi setempat.

Polisi dipanggil ke tempat kejadian pada Selasa malam oleh sopir yang curiga bahwa sejumlah orang-orang telah naik ke dalam truk berisi buah dan sayur-mayur miliknya.

Sebelas orang warga Suriah dan seorang pria Sudan ditemukan dalam kondisi selamat, dan mereka kemudian diserahkan kepada petugas imigrasi.

Pekan lalu, 39 orang ditemukan tewas dalam sebuah truk kontainer berpendingin di Inggris.

Pengemudi truk kontainer tersebut, yang tiba di Inggris melalui pelabuhan feri di Belgia, Zeebrugge, telah didakwa atas perkara pembunuhan.

Diyakini bahwa mereka yang meninggal adalah para pendatang asal Vietnam atau China yang mencoba memasuki Inggris secara ilegal.

Belum jelas bagaimana mereka meninggal dunia, apakah mereka kedinginan atau mati lemas.

Apa yang terjadi di Belgia?

Truk kontainer berpendinginan itu berada di tempat parkir di samping jalan raya E34 di Oud-Turnhout.

Jalan raya itu membentang dari Zeebrugge ke wilayah North Rhine-Westphalia, Jerman.

Sejauh ini tujuan perjalanan truk tersebut tidak diungkapkan.

Setiap tahun, ribuan migran berusaha memasuki Inggris secara ilegal melalui pelabuhan feri Eropa, biasanya bersembunyi di dalam kendaraan roda empat.

Truk berpendingin acap kali menjadi sasaran karena lebih mudah mengelabui pemeriksaan yang menggunakan pemindai panas di perbatasan, kata juru bicara federasi transportasi Belgia, Febetra.

Febetra telah menyerukan agar pengamanan lokasi parkir di sisi jalan raya diperketat untuk mengatasi masalah tersebut.