Rahasia Perang Dunia II Terungkap! Bunker Nazi Ditemukan di Belgia

Bunker Eksperimen tentara Jepang di China.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Minggu ini, seorang pejabat daerah mengumumkan bahwa pekerjaan pada proyek restorasi alam di Belgia telah mengungkap beberapa bunker, parit, dan struktur lain yang dibangun oleh tentara Jerman selama Perang Dunia II.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Pekerjaan restorasi sedang dilakukan di Director-General Willemspark di Heist, Belgia, dan berfokus pada pemulihan bukit pasir pesisir di area seluas kurang dari satu mil persegi dengan menghilangkan tanaman invasif, menurut rilis berita dari pejabat daerah, dikutip dari CBS Sabtu, 6 April 2024.

Bunker

Photo :
  • Dok Leo Fabrizio
Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Heist, juga dikenal sebagai Heist-Aan-Zee, berada di wilayah Flanders utara Belgia. Daerah itu adalah tempat beberapa pertempuran selama Perang Dunia I. Kekerasan di sana diabadikan dalam puisi “In Flanders Fields,” dan mengilhami penggunaan poppy merah sebagai simbol peringatan bagi mereka yang meninggal dalam perang.

Selama Perang Dunia I, ada dua baterai senjata Jerman yang dibangun di lokasi tersebut. Salah satunya dinamai Freya, sementara yang lainnya dinamai Augusta. Kedua baterai tersebut dilengkapi dengan senjata, bunker observasi, tempat kru, dan berbagai jenis parit dan penghalang," kata para pejabat. Mayoritas struktur semacam itu dihancurkan setelah perang, tambah para pejabat.

Ngeri, Ada Ramalan Jayabaya Diduga Sebut Tanda Perang Dunia Ketiga

Tetapi pada tahun 1942, taman itu kembali diubah menjadi benteng militer oleh tentara Jerman. Pada puncak pekerjaan, ada sekitar 60 struktur di daerah tersebut, termasuk bunker amunisi dan tempat kru yang dimaksudkan untuk membantu mengusir serangan dari laut.

“Siapa pun yang tumbuh di Heist tidak akan terkejut bahwa sisa-sisa perang juga ditemukan selama penggalian,” kata pejabat Heist dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan temuan tersebut.

Beberapa struktur dari benteng Perang Dunia II ditemukan diawetkan di tanah, termasuk “tiga bunker yang benar-benar utuh” yang tertutup hanya di bawah beberapa inci tanah. Setiap bunker hanya memiliki satu kamar, tetapi dibangun dengan dinding dan langit-langit dari beton bertulang.

Para pejabat juga menemukan dua parit bata, pecahan jalur beton yang akan digunakan untuk mengangkut tentara dan persediaan selama perang, dan sumur air. Selama penggalian, pekerja juga menemukan “gunung puing-puing besar” yang berisi benda-benda sehari-hari seperti peralatan, amunisi, dan banyak lagi.

“Reruntuhan ini dengan tepat menggambarkan upaya panik sebelumnya untuk sepenuhnya menghapus sejarah perang taman,” kata pejabat dalam rilis berita. “Struktur yang lebih ringan dihancurkan dan direduksi menjadi puing-puing, sementara bunker yang lebih berat ditutupi dengan lapisan tanah dan disembunyikan, seolah-olah mereka tidak pernah ada,” imbuhnya.

Lebih banyak konstruksi perang kemungkinan di taman, di luar ruang lingkup pekerjaan restorasi, kata para pejabat. Tidak ada peninggalan Perang Dunia I yang ditemukan selama proyek.

Para arkeolog dari badan warisan negara berada di lokasi untuk mengawasi pekerjaan restorasi, kata para pejabat, dan saat temuan dibuat, mereka “memetakan segalanya.” Namun, sisa-sisa itu ditutupi lagi dengan pasir setelah diselidiki secara menyeluruh.

“Tidak ada yang membantah bahwa perang tetap memiliki nilai warisan, tetapi ini tidak berarti bahwa setiap batu bata dari perang harus dilestarikan,” kata para pejabat. Pasir akan melestarikan sisa-sisa untuk masa depan, menurut rilis berita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya