Pembakar Al Quran Salwan Momika Ditangkap di Norwegia, Bakal Dideportasi ke Swedia

Aksi pria Imigran Irak bernama Salwan Momika membakar Al Quran di Swedia
Sumber :
  • FB Salwan Momika

VIVA – Salwan Momika, seorang pengungsi Irak di Swedia yang memicu kemarahan internasional dengan berulang kali menodai dan membakar Al-Qur'an kembali menjadi sorotan publik.

Ternyata Ada Deretan negara Sekutu Iran yang Bentuknya Bukan Negara

Pria yang sempat di kira tewas di Norwegia ini ternyata masih hidup dan baru saja ditangkap oleh pihak berwenang.

Pada bulan Desember, Momika dilaporkan hilang setelah meninggalkan kediamannya di Noerwegia. Kematiannya bahkan sempat diumumkan oleh beberapa media, namun kabar tersebut dibantah oleh pihak kepolisian Norwegia.

Pasukan AS di Irak dan Suriah Kena Bombardir Roket Selama 24 Jam

Pembakar Al Quran Salwan Momika

Photo :
  • X/Salwan Momika

Melansir Arab News, Jumat, 5 April 2024, dilaporkan bahwa Salwan Momika bulan lalu telah ditangkap setibanya di Norwegia, dan sekarang menghadapi deportasi kembali ke Swedia, menurut dokumen pengadilan yang dilihat oleh AFP pada hari Kamis.

Tentara Bayaran Iran Otak di Balik Serangan Pangkalan Militer Amerika

Salwan Momika, seorang warga Irak beragama Kristen yang membakar Al-Qur'an dalam serangkaian protes di Swedia selama musim panas, mengatakan pekan lalu bahwa ia telah meninggalkan Swedia menuju Norwegia, di mana ia berencana untuk mencari suaka.

Berdasarkan putusan Pengadilan Distrik Oslo, Momika ditangkap pada 28 Maret - sehari setelah dia tiba.

Setelah sidang pada tanggal 30 Maret, pengadilan memutuskan untuk menahan Momika selama empat minggu, menunggu kemungkinan permintaan dari Direktorat Imigrasi Norwegia (UDI) ke Swedia agar dia dikembalikan, sesuai dengan undang-undang Uni Eropa.

Polisi telah meminta agar dia ditahan untuk sementara waktu, dengan alasan undang- undang migrasi negara tersebut ketika ada asumsi bahwa warga negara asing akan berusaha menghindari pelaksanaan keputusannya untuk meninggalkan negara tersebut.

Aksi pria Imigran Irak bernama Salwan Momika membakar Al Quran di Swedia

Photo :
  • FB Salwan Momika

Pembakaran Alquran yang dilakukan Momika memicu kemarahan dan kecaman luas di negara-negara Muslim.

Pengunjuk rasa Irak menyerbu kedutaan Swedia di Bagdad dua kali pada bulan Juli dan memicu kebakaran di dalam kompleks tersebut pada kesempatan kedua.

Pemerintah Swedia mengutuk penodaan Al- Qur'an namun menekankan hukum negara mengenai kebebasan berbicara dan berkumpul.

Badan intelijen Swedia meningkatkan tingkat kewaspadaan terhadap teror pada pertengahan Agustus menjadi empat dari skala lima setelah reaksi kemarahan menjadikan negara tersebut sebagai target prioritas.

Badan Migrasi Swedia mencabut izin tinggal Momika pada bulan Oktober, dengan mengutip informasi palsu dalam permohonan aslinya, namun ia diberikan izin tinggal sementara karena dikatakan ada hambatan dalam penegakan deportasi ke Irak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya