Wabah Corona, Sandiaga Minta Pemerintah Jaga Kesehatan Ekonomi Rakyat

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno
Sumber :
  • Mohammad Yudha Prasetya/VIVAnews

VIVA – Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengusulkan konsep ‘people first’ dalam menanggulangi virus Corona di Indonesia. Dia menekankan, pemerintah harus mampu melakukan langkah-langkah antisipatif dan solutif guna menghadapi situasi perekonomian nasional dan global saat ini.

"Saya menitip pesan kepada pemerintah untuk menempatkan konsep 'people first' untuk mengutamakan keselamatan. Baik itu keselamatan masyarakat dari segi kesehatan maupun dari segi ekonomi," ujarnya saat ditemui di Perpusnas, Jakarta, Jumat 13 Maret 2020.

Sandiaga pun menjabarkan konsep tersebut. Menurutnya, di tengah perekonomian nasional yang tengah bergejolak seperti saat ini, pemerintah harus bisa memastikan penghasilan masyarakat tetap bisa terjaga.

Hal itu tak lain demi mempertahankan konsumsi dan daya beli masyarakat, agar roda perekonomian nasional bisa terus berjalan.

"Kita harus pastikan bahwa masyarakat bisa menjaga penerimaannya, kemudian PHK tidak merebak, dan fokus utamanya adalah di ketersediaan lapangan pekerjaan," kata Sandiaga.

Dia mengaku prihatin dengan meningkatnya ancaman penyebaran wabah virus Corona. Namun, dia pun menilai bahwa pemerintah hingga saat ini sudah melakukan tindakan, yang menurutnya sebagai upaya terbaik yang dapat dilakukan di masa seperti sekarang ini.

Meski demikian, Sandiaga mengingatkan bahwa pemerintah juga harus mulai mengantisipasi dampaknya terhadap ekonomi nasional, dari serangan di berbagai sektor akibat wabah virus Corona tersebut.

"Khususnya di saat yang sama, di mana ada perlambatan ekonomi global seperti penurunan drastis pada harga minyak dan gas bumi, serta turbulensi di pasar keuangan," kata Sandiaga.

Selain itu, lanjut Sandiaga, fokus pemerintah saat ini juga harus ditujukan bagi ketersediaan dan kesiapan stok bahan baku pangan, serta kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat.

Apalagi, dalam jangka waktu beberapa bulan ke depan, masyarakat akan memasuki bulan Ramadan di mana segala kebutuhan itu tentunya akan menjadi krusial. Mengingat, permintaan masyarakat akan bahan-bahan kebutuhan pokok pastinya juga akan meningkat pada momentum tersebut.

"Apalagi kita akan masuk ke bulan Ramadan, yang biasanya diikuti dengan kenaikan harga-harga bahan pokok. Jadi selain mengamankan pasokan, tentunya adalah memastikan rantai distribusinya sederhana dan berkeadilan sehingga harga-harga akan terjangkau," kata Sandiaga.

"Dengan langkah-langkah ini, kita harapkan kebijakan 'people first' ini bisa diterapkan oleh pemerintah, untuk mengutamakan masyarakat di tengah kondisi merebaknya virus corona dan masalah ekonomi dunia yang lain," ujarnya.