Legenda Musik Siap Beraksi di Java Jazz 2011

Santana
Sumber :

VIVAnews - Permainan gitar Carlos Santana yang legendaris segera menggebrak panggung Java Jazz, yang akan kembali digelar mulai 4 Maret mendatang di Jakarta.

Pria bernama lengkap Carlos Augusto Alves Santana ini memulai karier musiknya sejak tahun 1966. Namanya kondang sebagai gitaris untuk jenis-jenis musik seperti rock, salsa, dan jazz fusion. Bahkan, pada tahun 2003 Rolling Stone mencantumkan namanya pada daftar 100 Gitaris Terbesar Sepanjang Masa. Sepanjang karirnya, dia telah memenangkan 10 Grammy
Award dan tiga Latin Grammy Award.

Santana lahir pada 20 Juli 1947 di Autlán de Navarro, Jalisco, Meksiko. Dia lahir di keluarga pemusik. Ayahnya seorang pemain biola yang mengajarinya bermain biola pada umur lima tahun dan bermain gitar pada umur delapan tahun.

Aliran musik Santana kuat dipengaruhi oleh Ritchie Valens, pemusik Latin yang berjaya di kancah musik Amerika ketika belum banyak koleganya dikenal masyarakat Amerika.

Di awal kariernya, Santana membentuk sebuah band bernama 'the Santana Blues Band' yang beranggotakan David Brown (bass) dan Gregg Rolie (keyboard). Band yang akhirnya lebih dikenal dengan nama Santana ini memainkan jenis musik Latin dengan sentuhan rock, jazz, blues, salsa, dan Afrika.

Band ini kerap berganti anggota. Namun, kepiawaian Santana selalu dapat memberi sentuhan baru pada musik-musik yang dimainkannya.

Santana dikenal sebagai seorang gitaris yang telah mengenalkan pendekatan baru terhadap musik, termasuk jazz dan folk, serta menjadi saksi mata dari berkembangnya pergerakan kaum hippies di San Francisco. Bahkan Javier Batiz, seorang gitaris dari Tijuana, menganggapnya sebagai guru terbaik yang mengajarinya bermain gitar solo dengan gaya yang berbeda.

Sepanjang kariernya, Santana telah menelurkan banyak album dan ratusan lagu. Di antaranya: Abraxas (1970), Amigos (1976), Marathon (1979), Beyond Appearances (1985), Freedom (1987), Supernatural (1999), dan All That I Am (2005).

Dia juga pernah berkolaborasi dengan banyak artis seperti Everlast, Rob Thomas dari Matchbox Twenty, Eric Clapton, Lauryn Hill, Wyclef Jean, Cee-Lo, Maná, Dave Matthews, K.C. Porter, J.B. Eckl, dan Michelle Branch.

Kolaborasinya dengan Rob Thomas dalam lagu berjudul 'Smooth' pada album Supernatural mampu menggoyang telinga para penggemarnya. Itu terbukti dari masuknya lagu tersebut dalam tangga Billboard Hot 100. Album ini pun terjual lebih dari 15 juta kopi di Amerika Serikat.

Selain 'Smooth', lagu 'The Game of Love' hasil kolaborasinya dengan penyanyi cantik Michelle Branch pun masuk jajaran Billboard Hot 100 dan mengantarkannya menerima Grammy Award untuk kategori 'Best Pop Collaboration with Vocals'.

Tidak hanya itu, musiknya bahkan diapresiasi kalangan pencipta game. Salah satu lagunya, 'No One To Depend On', dijadikan salah satu musik karakter di video game 'Guitar Hero 5'. (kd)