Menelusuri Hamparan Pasir Hijau di Hawaii

Papakolea
Sumber :
  • justthetravel.com

VIVAlife - Pantai cantik tak harus selalu didampingi pasir putih. Ini sudah banyak ditemukan di berbagai belahan dunia. Menyiasati pengalaman berlibur, mungkin Anda harus mencoba melihat pasir dengan warna berbeda.

Sejatinya, Tuhan ciptakan warna pasir yang beragam, memagari lautan-lautan yang menggoda wisatawan. Selain pantai pasir hitam di Malaysia ataupun pantai pasir merah muda di Indonesia, ada pula pantai dengan pasir berwarna unik: hijau tua.

Keunikan itu dimiliki oleh Pantai Papakolea, yang terletak di titik paling selatan Amerika Serikat, berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik dan masih dicakup wilayah Hawaii. Tak ada lagi pantai seperti ini di Amerika Serikat. Tapi untuk meraihnya memang cukup sulit, wisatawan harus bermil-mil mendaki bukit.

Pantai dikelilingi bukit yang tersusun berjenjang, ditaburi oleh pasir berwarna hijau tua yang juga menghiasi pantai. Fenomena ini bisa terjadi lantaran gunung berapi Mauna Loa yang berada di dekat Papakolea pernah meletus ribuan tahun lalu. Gunung memuntahkan mineral silikat besi magnesium yang disebut olivin, benda berwarna hijau tua tersebut terjatuh ke lautan.

Pasang surut laut melunturkan warna olivin ke pasir-pasir di sekitarnya. Lambat laut olivin habis ditelan air laut, benda seperti kerikil itu pun tak lagi tampak di perairan tersebut. Tapi berkat olivin, kini julukan pantai pasir hijau membuntuti Pantai Papakolea.

Pantai Papakolea relatif masih sepi. Biasanya beberapa wisatawan berjemur di atas pasir hijau dan di bawah terik matahari, membiarkan buih-buih ombak membasahi tubuh mereka. (Sumber: Atlasobscura | umi)