Mega-Suryadharma Putuskan Koalisi Besar

Sumber :

VIVAnews - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, dan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Suryadharma Ali, kembali bertemu. Dalam pertemuan itu mereka membahas finalisasi koalisi besar dan soal pertemuan Megawati-Prabowo.

"Oh iya, saya terus bertemu beliau (Prabowo). Ini adalah bagian yang kami dibicarakan dengan Pak Suryadharma Ali. Sehingga tadi sudah ada satu kesepakatan untuk koalisi partai besar," kata Megawati Soekarnoputri.

Pernyataan itu disampaikan Megawati usai bertemu dengan Suryadharma Ali di kediaman pribadi Mega, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 30 April 2009. Pertemuan itu berlangsung hampir dua jam sejak pukul 08.45 WIB.

"Dengan demikian, tahapan pertamanya akan kami lakukan di legislatif yang kemudian berlanjut di eksekutif," ujar Megawati yang didampingi Suryadharma dalam jumpa pers.

Soal kesepakatan koalisi besar dengan PPP, Megawati merasa sudah ada ikatan dengan partai itu sejak lama. Karena PPP dan PDIP, yang dulu bernama PDI, merupakan dua dari tiga partai yang berusa paling lama.

"Sehingga kalau ditanyakan mengenai chemistry, kami sudah sangat terbiasa melakukan hal-hal yang selama ini memang terus berjalan. Banyak sekali hal-hal yang kami samakan, baik kesepakatan maupun pendapat," ujar Megawati.

Koalisi besar itu berisi enam partai. Partai yang ikut dalam koalisi itu yakni, PDI Perjuangan, Golkar, PPP, PAN, Gerindra, dan Hanura.

Sebelumnya, pertemuan Mega-Prabowo berlangsung Rabu (29/4) tanpa diketahui publik. Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP, Tjahjo Kumolo mengatakan, Megawati sudah bertemu Prabowo. "Wartawan bisa juga kan kecolongan. Ibu Mega sudah bertemu Pak Prabowo," kata Tjahjo.