Gaun Ikonik Marilyn Monroe Laku Rp64 Miliar

Gaun Marilyn Monroe
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Gaun ketat warna kulit yang dikenakan Marilyn Monroe saat menyanyikan lagu Happy Birthday untuk Presiden Amerika Serikat John F Kennedy pada Mei 1962, berhasil terjual Rp64 miliar dalam lelang di Los Angeles pada Kamis, 17 November 2016.

Rumah lelang Julien di Beverly Hills dalam pernyataannya menjelaskan bahwa seorang penawar tak dikenal membeli gaun ikonik dengan lapisan payet rancangan Jean Louis tersebut. Dengan warna gaun sama dengan warna kulit, gaun ketat yang dikenakan Monroe memberi kesan sangat seksi.

"Marilyn Monroe bernyanyi 'Happy Birthday Mr President', tentunya merupakan salah satu pertunjukan dadakan paling terkenal dalam sejarah Amerika," kata Darren Julien, Presiden dan CEO dari rumah lelang Julien, seperti dilansir dari Reuters.

Monroe yang merupakan salah satu simbol seks paling terkenal pada abad ke-20, mengenakan gaun itu saat menyanyikan Happy Birthday to You untuk Kennedy dalam acara penggalangan dana Partai Demokrat di Madison Square Garden, New York pada 19 Mei 1962.

Bintang film Some Like it Hot dan Gentlemen Prefer Blondes meninggal karena overdosis obat kurang dari tiga bulan kemudian. Sementara lagu Monroe adalah untuk menandai ulang tahun Kennedy ke-45, namun Kennedy tewas ditembak pada tahun berikutnya.

Investor saham Martin Zweig sebelumnya membeli gaun tersebut pada tahun 1999 sebesar US$1,26 juta dari rumah lelang Christie. Kemudian Zweig, yang melihat gaun sebagai investasi, menyimpannya dan dipasang di manekin.