Deretan Pemuda AS yang Kaya Raya Berkat Digital

Deretan Pemuda AS yang Kaya Raya Berkat Digital. (FOTO: Walton Family Foundation)
Sumber :
  • wartaekonomi

Di era digital seperti saat ini, kemajuan teknologi juga bisa menjadi lahan untuk meraup keuntungan. Hal ini telah dibuktikan oleh kelima pemuda asal Amerika Serikat (AS) yang kaya raya berkat digital.

Melansir dari Forbes, Jumat (25/10/2019), belum mencapai usia yang ke-40, mereka telah sukses menjadi miliarder lewat usaha yang mereka rintis sendiri:

1. Mark Zuckerberg

Umur: 35

Kekayaan bersih: US$69,6 miliar

Sumber kekayaan: Facebook

 

Zuckerberg meluncurkan Facebook pada tahun 2004. Satu bulan kemudian, jejaring sosial ini diperluas ke Stanford, Yale dan Columbia. Hingga pada akhir tahun, ia memiliki satu juta pengguna. Zuckerberg keluar dari Harvard pada tahun yang sama. Akan tetapi, Harvard memberikannya gelar doktor kehormatan pada tahun 2017.

2. Lukas Walton

Umur: 33

Kekayaan bersih: US$18,1 miliar

Sumber kekayaan: Walmart

Kakeknya, Sam Walton, mendirikan raksasa ritel Walmart. Lukas kemudian mewarisi sahamnya setelah ayahnya meninggal dalam kecelakaan pesawat pada tahun 2005. Dia belajar bisnis yang ramah lingkungan di Colorado College, kemudian bergabung dengan yayasan keluarga, di mana dia mengepalai komite program lingkungannya.

3. Dustin Moskovitz

Umur: 35

Kekayaan bersih: US$11,6 miliar

Sumber kekayaan: Facebook

Moskovitz, yang adalah teman sekamar Zuckerberg, mendirikan Facebook ketika masih berada di asrama Harvard. Ia pun menjadi kepala petugas teknologi pertama. Namun, meninggalkan Facebook pada tahun 2008. Sebagian besar kekayaannya terkait dengan perkiraan 2% sahamnya di jejaring sosial.

 

4. Scott Duncan

Umur: 36

Kekayaan bersih: US$6,3 miliar

Sumber kekayaan: Pipelines

Duncan dan tiga saudara lelakinya yang lebih tua, semuanya berusia lima puluhan, adalah pewaris almarhum perusahaan pipa minyak dan gas ayahnya, Enterprise Product Partners.

 

5. Nathan Blecharczyk

Umur: 36

Kekayaan bersih: US$4,2 miliar

Sumber kekayaan: Airbnb

Salah satu pendiri Airbnb, Blecharczyk, mengatakan dia menjalankan bisnis perangkat lunak di sekolah menengah yang menjual kepada klien di lebih dari 20 negara. Blecharczyk diminta untuk membantu membangun situs awal Airbnb. Lulusan ilmu komputer itu sekarang menjadi chief strategy officer platform sewa rumah dan ketua Airbnb China.