Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

Geger, PUPR Bakal Buat Jalan Tol Pertama di RI Pakai Bambu

Senin, 27 September 2021 | 07:52 WIB
Oleh :
Foto :
  • dok. Kementerian PUPR
Pembangunan Jalan Tol Semarang-Solo Seksi IV dan V.

VIVA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali melakukan inovasi dan terobosan baru dalam konstruksi jalan tol di Indonesia. Salah satunya adalah penggunaan bahan bambu sebagai sistem matras jalan tol.

Dikutip dari Instagram @pupr_binamarga, pada Senin 27 September 2021, dijelaskan bahwa inovasi penggunakan bahan bambu pada jalan tol ini akan dilakukan di Jalan Tol Semarang-Demak.

Baca Juga

Adapun konstruksi jalan tol Semarang-Demak ini sekaligus merupakan tanggul laut. Sehingga, penggunaan bahan bambu saat ini sedang dilakukan proses pengujian untuk mengukur kelayakan sebagai sistem matras guna meningkatkan daya dukung tanah dasar di lokasi konstruksi jalan.

Baca juga: Cara Badan Otorita Bangkitkan Lagi Wisata Labuan Bajo dan Flores

Pengujian ini dilakukan karena konstruksi tanggul laut yang terintegrasi dengan jalan tol ini akan dibangun di atas tanah dengan klasifikasi very soft soil.

Pengujian ini terdiri dari dua jenis yaitu uji tarik sistem matras bambu dan uji lentur sistem matras bambu. 

Pengujian tarik sistem matras bambu dan uji lentur sistem matras bambu yang baru pertama kali dilaksanakan ini diharapkan dapat memberikan terobosan dalam memberikan solusi perkuatan tanah lunak yang murah dan tepat guna.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler