Presiden Venezuela Nicolas Maduro Tutup Perbatasan dengan Brasil

Presiden Venezuela Nicolas Maduro
Sumber :
  • Video CNN

VIVA – Presiden Venezuela Nicolas Maduro telah mengumumkan penutupan perbatasan negaranya dengan Brasil pada Kamis malam, 21 Februari 2019. Hal itu, kata dia, dilakukan karena masih masuknya bantuan kemanusiaan dari luar negeri melalui jalur perbatasan yang dimaksud.

Dikutip dari laman BBC, pemimpin yang menyebut diri sebagai pemimpin Kiri itu mengatakan, juga berencana menutup pintu perbatasan dengan Kolombia untuk menghempang oposisi memasukkan bantuan dari luar negeri.

Maduro membantah krisis besar sedang terjadi di negaranya dan menyebut bahwa bantuan dari luar negeri termasuk dari Amerika Serikat ibarat tindakan yang mendramatisasi keadaan. Masyarakat Venezuela terus-menerus turun ke jalan menentang pemerintahan Maduro yang dianggap otoriter dan menyebabkan negara itu dalam krisis.

Sementara itu, pemimpin oposisi, Juan Guaidó sedang melakukan konvoi menuju perbatasan Kolombia dari Ibu Kota Caracas. 

Dia mengklaim dirinya adalah pemimpin interim Venezuela menyusul protes massa besar-besaran meminta Maduro turun pada bulan lalu. Selain itu, Guaido diakui oleh negara-negara di dunia termasuk AS dan sebagian negara Uni Eropa. (art)