Masjidil Haram Ditutup Lagi, Area Kabah Dibasuh 3 Kali

Ilustrasi suasana di Kabah, Masjidil Haram, Arab Saudi.
Sumber :
  • Haramain

VIVA – Pintu Masjidil Haram kembali ditutup dan untuk sementara seluruh jemaah tak diperkenankan masuk dalam waktu selepas Salat Isya hingga satu jam sebelum Salat Subuh waktu setempat atau Selasa 10 Maret 2020.

Masjid yang berada di Kotta Suci Mekah terpaksa ditutup kembali karena ada proses pembersihan dan penyemprotan anti bakteri.

Sterilisasi dilakukan menyeluruh di lingkungan Masjidil Haram. Terutama di sekitar Kabah. Area Mataf yang sempat dibuka untuk jemaah juga tak luput dari proses itu.

Karpet-karpet yang tadinya dipasang di Mataf juga digulung dan dibersihkan oleh petugas berpakaian biru-biru.

"Penjaga Masjidil Haram bersiap-siap untuk membersihkan area mat?f setelah pintu Masjid al Haram ditutup pada malam hari untuk para jamaah," tulis situs resmi Haramain.

Pembersihan tak cuma sekali saja dilakukan. Di sekitar Kabah pembersihan dan penyemprotan dilakukan tiga kali tanpa henti. Kegiatan ini langsung dipimpin oleh Imam Masjidil Haram, Syekh Sudais.

"Para penjaga Masjidil Haram membasuh dan melumatkan area mat?f tiga kali antara sholat Isya dan Subuh," tulisnya.

Masjidil Haram sterilkan lagi untuk mengantisipasi serangan Virus Corona alias COVID-19. Hingga saat ini perlu diketahui, jumlah korban terinfeksi corona di Arab Saudi sudah bertambah pesat. Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE menyiarkan, saat ini sudah 15 orang di Arab Saudi yang positif terjangkit corona.

Baca: Peristiwa Menakjubkan, Penjaga Kabah Khusyuk Berdoa di Multazam