Jarang Terjadi, Detik-detik Imam Masjidil Haram Sujud Sahwi Gegara Lupa Rakaat Tarawih

Masjidil Haram
Sumber :
  • MCH 2023

VIVA Trending – Media sosial baru-baru ini dihebohkan oleh aksi Imam Masjidil Haram, Syekh Yasir Al Dawsary yang diduga melakukan sujud sahwi saat tengah memimpin sebuah sholat berjamaah. 

Terakam Momen Haru Polisi Gendong Jemaah Umroh Disabilitas, Terima Ganjaran Ini

Atas aksinya tersebut, Imam Masjidil Haram Yasir Al Dawsary pun jadi viral dan menuai sorotan seluruh warganet di media sosial. Lantas, bagaimana ceritanya? Scroll untuk baca artikel selengkapnya berikut ini.

Baru-baru ini kejadian langka baru saja dialami oleh Syekh Yasir Al Dawsary yang tengah mempimpin Imam sholat Tarawih yang dilakukan di Masjidil Haram Rabu Malam, 19 Maret 2024. 

Top Trending: Gerhana Matahari dalam Ramalan Jayabaya hingga Warga Salat Tarawih di Alfamart

Diketahui dari unggahan akun X Haramain Archive  baru-baru ini memperlihatkan seluruh jemaah tengah melakukan Ibadah Tarawih.

"Kasus yang jarang terjadi, Syekh Yasir Al Dawsary melakukan sujud sahwi (sujud karena lupa) selama salat Tarawih. Imam duduk setelah melakukan 1 rakaat karena kesalahannya dan kemudian bangun setelah diingatkan," tulis unggahan tersebut seperti dikutip VIVA.co.id pada Kamis, 21 Maret 2024.

Viral, Warga Salat Tarawih di Dalam Alfamart Demi Meraih Lailatul Qadar

Dalam  unggahan video yang beredar itu, sang Imam Masjidil Haram harusnya berdiri saat rakaat pertama. Ini justru duduk karena lupa atau tak sengaja. Imam itu kemudian melakukan sujud sahwi usai diingatkan para jemaah dan kembali berdiri.

Sebenarnya ada beberapa mazhab punya pandangan masing-masing soal sujud sahwi. Namun, secara garis besar sujud sahwi dilakukan sebanyak dua kali seperti sujud biasa dengan niat dalam hati.

Sujud Sahwi dalam Islam

Sujud sahwi atau sujud karena kesalahan dalam sholat (lupa) telah disyariatkan dalam Islam. Disebutkan dalam kitab Shalatul Mu'min karya Sa'id bin 'Ali bin Wahf Al-Qahthani yang diterjemahkan Abu Khadijah, Imam Ahmad mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah beberapa kali melakukan sujud sahwi.

"Dalam masalah sujud sahwi ada lima hal yang bisa dicatat dari Nabi SAW. Pertama, beliau pernah salam pada rakaat kedua (lalu menyempurnakannya) kemudian sujud sahwi. Kedua, beliau pernah salam pada rakaat ketiga (lalu menyempurnakannya) kemudian sujud sahwi.

Ketiga, beliau pernah mengerjakan salat dengan jumlah rakaat lebih banyak dari yang semestinya (lalu sujud sahwi). Keempat, beliau pernah mengerjakan salat dengan jumlah kurang dari yang semestinya lalu sujud sahwi. Dan kelima, beliau pernah langsung berdiri pada rakaat kedua tanpa melakukan tasyahud awal (lalu sujud sahwi)." (Riwayat ini terdapat dalam Al Mughni) dikutip VIVA.co.id dari salah satu sumber pada Kamis, 21 Maret 2024.

Reaksi Warganet

Sontak saja momen Imam Masjidil Haram lakukan sujud sahwi saat lupa rakaat ini pun sukses menyita perhatian warganet di media sosial.

"Saya ada di sana bersamanya, dan sebelum dia lalai, saya mengabaikan pengajian untuk sementara waktu, dan pikiran menjadi terganggu, dan pada hari saya bangun, saya menyalahkan diri sendiri atas bagaimana saya berada di tempat suci dan pelupa, dan saya menerima tanggapan dari Allah, bahkan imam pun lupa," tulis warganet.

"Bisakah seseorang memberi saya klip sederhana tentang metode sujud lupa?" kata lainnya.

"Penampilannya tahun ini sedikit berubah," tulis lainnya.

"Mereka adalah manusia seperti kita, dan itu adalah hal yang sangat wajar, semoga Tuhan menolong dan menguatkan mereka," timpal lainnya.

"Aku bersamanya kemarin, dan demi Tuhan, kami kehilangan sujud, berlutut, dan membaca tashahhud terakhir tapi aku mencintainya dan dia adalah syekh favoritku," tulis lainnya.

"Kinerja Syekh sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya