Taliban Larang Barber Mencukur Janggut karena Langgar Hukum Islam

BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Taliban melarang pemangkas rambut di Provinsi Helmand, Afghanistan mencukur atau memotong janggut, karena menurut mereka tindakan itu melanggar hukum Islam.

Siapa saja yang melanggar larangan itu akan dihukum, kata polisi dari Taliban.

Beberapa tukang cukur rambut di ibu kota Kabul mengatakan telah mendapatkan peringatan tersebut.

Instruksi tersebut mengembalikan Afghanistan ke kondisi ketat masa lalu saat kelompok itu pernah berkuasa - meskipun saat ini Taliban menjanjikan pemerintahan yang lebih longgar.

Sejak merebut kekuasaan bulan lalu, Taliban telah menjatuhkan hukuman keras terhadap lawan mereka.

Sabtu lalu, anggota Taliban menembak mati empat orang yang diduga sebagai penculik dan menggantung tubuh mereka di jalan-jalan Provinsi Herat. 

Dalam pemberitahuan yang dipasang di salon di Provinsi Helmand, petugas Taliban memperingatkan bahwa tukang rambut harus mengikuti hukum Syariah tentang potong rambut dan janggut.

"Tidak ada yang berhak untuk mengeluh," demikian bunyi pemberitahuan yang didapat BBC.

"Mereka (Taliban) terus datang dan memerintahkan kami untuk berhenti mencukur jenggot," kata seorang tukang cukur di Kabul.

"Salah satu dari mereka mengatakan kepada saya bahwa mereka dapat mengirim inspektur yang menyamar untuk menangkap kami."

Tukang cukur rambut lain, yang mengelola salah satu salon terbesar di kota itu, mengatakan dia menerima telepon dari seseorang yang mengaku sebagai pejabat pemerintah.

Mereka menginstruksikan saya untuk "berhenti mengikuti gaya Amerika" dan tidak mencukur atau memotong janggut siapa pun.

Selama masa kekuasaan pertama Taliban dari 1996 hingga 2001, kelompok Islam garis keras tersebut melarang gaya rambut flamboyan dan bersikeras mewajibkan pria untuk memelihara janggut.

Tapi setelah itu - pemerintah Taliban tumbang akibat invasi Barat-, penampilan yang dicukur bersih menjadi populer dan banyak pria Afghanistan pergi ke salon untuk mendapatkan potongan yang modis.

Getty Images
Banyak tukang cukur Afghanistan mengatakan bisnis mereka telah jatuh.

Namun para tukang cukur, yang tidak disebutkan namanya untuk melindungi keselamatan mereka, mengatakan aturan baru membuat mereka sulit mencari nafkah.

"Selama bertahun-tahun salon saya menjadi tempat bagi kaum muda untuk bercukur sesuai keinginan mereka dan tampil trendi," kata salah satu dari mereka kepada BBC.

"Sekarang, tidak ada gunanya melanjutkan bisnis ini."

"Salon dan tukang cukur menjadi bisnis terlarang," kata yang lain.

"Ini adalah pekerjaan saya selama 15 tahun dan saya rasa saya tidak bisa melanjutkannya."

Tukang cukur lain di kota bagian barat, Herat mengatakan bahwa meskipun dia belum menerima perintah resmi, dia telah berhenti menawarkan jasa cukur janggut.

"Pelanggan tidak mencukur janggut mereka [karena] tidak ingin menjadi sasaran Taliban di jalanan. Mereka ingin berbaur dan terlihat seperti mereka."

Meskipun telah menawarkan diskon harga, bisnis potong rambut telah mengering dan diambang kehancuran.

"Tidak ada yang peduli dengan gaya atau gaya rambut mereka," katanya.


Anda mungkin juga tertarik dengan: