Lokasi Rekonstruksi Kasus John Kei di Tangerang Dijaga Ketat

Rekonstruksi kasus penyerangan John Kei ke kediaman Nus Kei.
Sumber :
  • VIVAnews/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Petugas Polda Metro Jaya dan Polres Kota Tangerang menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) penyerangan kelompok John Kei ke kediaman Nus Kei, di Cluster Australia, Perumahan Green Lake City, Cipondoh, Tangerang, Rabu, 24 Juni 2020. Penjagaan itu dilakukan untuk strerilisasi lokasi rekonstruksi kasus itu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Yusri Yunus mengatakan, rekonstruksi yang dilakukan di Tangerang ini, merupakan reka adegan terakhir dari kasus penyerangan kelompok John Kei terhapan Nus Kei. "Ini rekonstruksi terakhir dan nantinya ada sebelas adegan di sini. Dibagi atas sub-sub," katanya.

Mulai dari adegan masuk ke area gerbang hingga melakukan penyerangan di rumah Nus Kei. "Adegannya dari mulai mobil para tersangka masuk, lalu lewati gerbang dan adegan tembak. Dan kemungkinan, pada rekonstruksi ini akan bertambah. Kita lihat saja dari penyidik, tersangka dan saksi. Gelar perkara ini dilakukan untuk melengkapi berita acara penyidikan," ujarnya.

Sebelumnya, reka adegan telah dilakukan di Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat. Dalam rekonstruksi yang dilakukan pihak Polda Metro Jaya di Kosambi, Angky, korban penyerangan, turut dihadirkan. Ia mengisahkan detik-detik mereka yang sedang berkendara dan hendak ke kediaman Nus Kei di Cipondoh Tangerang, diadang dan dibacok oleh sekelompok orang.

Selain itu,  total ada 14 adegan yang diperagakan dalam prarekonstruksi atau prareka ulang adegan di tiga lokasi John Refra Kei alias John Kei cs merencanakan pembunuhan, sebelum akhirnya menyerang kelompok Agrapinus Rumatora alias Nus Kei. Ke-14 adegan itu dilakukan pada tiga lokasi.

"Hari ini ada 14 adegan di tiga lokasi yang sudah kami laksanakan. Tiga lokasi ini adalah lokasi-lokasi yang digunakan untuk permufakatan jahat dan perencanaan pembunuhan yang dilakukan oleh kelompok JK," ujar Wakil Kepala Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Jean Calvijn Simanjuntak di Markas Polda Metro Jaya, Rabu, 24 Juni 2020.

Tiga lokasi tersebut adalah adegan pertemuan yang dilaksanakan di kantor PT. ATE, Jalan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Lalu, dilanjutkan adegan para tersangka di kediaman Jon Kei di Jalan Titian Indah, Bekasi. Kemudian adegan di halaman parkir kolam renang Arcici, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.