Tangkap Anggota KKB, Pos Satgas Operasi Damai Cartenz di Intan Jaya Papua Ditembaki

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2023 AKBP Bayu Suseno
Sumber :
  • Istimewa

Papua – Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz mengamankan satu orang jaringan kelompok kriminal bersenjata (KKB) atas nama Bui Wonda alias Bossman Wenda, untuk kemudian dilakukan penyelidikan terkait senjata dan amunisi. 

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Setelah dilakukan penangkapan, kemudian pada siang hari sekitar pukul 14.00 WIT, kelompok yang diduga oleh KKB wilayah Intan Jaya pimpinan Undius Kogoya melakukan upaya untuk membebaskan BW dengan cara melakukan penyerangan terhadap pos Bank Papua di Intan Jaya.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024. AKBP Bayu Suseno

Photo :
  • Dok Polri
Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

Bahkan, pada saat kejadian terdengar suara rentetan tembakan oleh KKB yang berasal dari arah belakang pos bank Papua, kemudian dibalas oleh anggota Satgas Operasi Damai Cartenz dari pos BPD dan pos tower ke arah suara tembakan sebanyak 6 kali tembakan.

“Ya, pada Senin pagi hari ini telah diamankan seorang yang diduga merupakan jaringan KKB atas nama Bui Wonda alias Bossman Wenda yang memicu terjadinya penyerangan Pos Satgas Operasi Damai Cartenz di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya diduga oleh KKB wilayah Intan Jaya pimpinan Undius Kogoya,” jelas Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno ,Senin 8 April 2024.

Sosok Matias Gobay, Dalang OPM atas Penembakan Keji Danramil Aradide

Bayu menyebutkan, akibat dari serangan KKB tersebut, pos BPD mengalami rusak berat, anggota Satgas dalam keadan aman, namun sekitar pukul 14.30 wit diperoleh informasi bahwa terdapat 2 masyarakat yang tertembak. Satgas ODC segera mendatangi TKP dan evakuasi kedua korban ke Puskesmas Bilogai untuk diberikan pertolongan medis.

Lanjut Bayu menambahkan bahwa sampai saat ini belum diketahui dari arah mana tembakan yang mengakibatkan kedua masyarakat tersebut tertembak.

"Kami masih terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui dari arah mana tembakan yang akibatkan kedua masyarakat tersebut tertembak" ujar Bayu.

Kepala Operasi Damai Cartenz-2023, Kombespol. Dr. Faizal Ramadhani

Photo :
  • Aman Hasibuan (Papua)

Sementara itu Kaops Damai Cartenz Kombes Pol Faizal Ramadhani menyampaikan, pihaknya akan terus melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan, serta terus melanjutkan penyelidikan terhadap yang diduga merupakan jaringan KKB yang kini tengah diamankan

“Kami akan terus melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan yang mengakibatkan pos Satgas Operasi Damai Cartenz rusak berat dan dua masyarakat kena tembak. Kami akan terus  melakukan pengejaran dan penegakan hukum terhadap pelaku yang diduga merupakan jaringan KKB,” kata Faizal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya