Kehabisan Tiket di Pelabuhan Merak, Kini Pemudik Bisa Beli Manual

Kapolda Banten, Irjen Pol Abdul Karim, di Pelabuhan Merak
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama (Serang)

Banten – Pemudik yang tidak bisa menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni kini bisa membeli tiket manual. Nantinya, mereka akan diverifikasi kemudian diseberangkan melalui Dermaga 7 Pelabuhan Merak.

Taman Mini Indonesia Indah: Jendela Menuju Keberagaman Budaya dan Pesona Alam Indonesia

Pemudik yang sudah bertiket bisa langsung menuju dermaga yang sudah ditentukan atau mengikuti petunjuk petugas di lapangan. Sedangkan yang belum memiliki tiket akan diverifikasi oleh petugas yang ada di lapangan.

"Yang tidak memiliki tiket ataupun tidak membeli tiket kita arahkan ke Dermaga 7, nanti diverifikasi pembelian tiket manual. Ke depan saya belum tahu, tapi belum ada perubahan kebijakan itu. Sudah disepakati itu dengan pihak ASDP," ujar Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim di Dermaga Eksekutif Merak, Selasa, 9 April 2024.

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Arus Mudik di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan

Photo :
  • BKIP Kemenhub

Kebijakan itu diambil Menko PMK, Muhadjir Effendy yang memantau langsung arus mudik di Pelabuhan Ciwandan dan Merak hingga Senin dini hari, 8 April 2024.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Dimana, saat melihat langsung arus mudik Idul Fitri 2024, sang menteri menemukan keluhan penumpang yang tidak kebagian tiket. Sehingga dia mengambil kebijakan pemudik belum bertiket bisa membeli secara manual dan menyeberang di Dermaga 7.

"Kebetulan saat itu ada Pak Menko PMK, juga bersama saya, kita melihat ada penumpukan di gate masuk Pelabuhan Merak. Kenapa belum ada pergerakan, kita temukan ada beberapa kendaraan yang tidak memiliki tiket, kemudian kita koordinasikan dengan ASDP untuk memberikan solusi ini, supaya kita mempercepat jangan terhambat masyarakat," terangnya.

Arus Mudik di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan

Photo :
  • BKIP Kemenhub

Masyarakat yang tidak kebagian tiket mengeluhkan mereka tidak bisa memesan tiket penyeberangan Pelabuhan Merak menuju Bakauheni, hingga tanggal 16 April 2024 atau setelah Idul Fitri 1445 H.

Mengenai hal itu, Kapolda Banten, Irjen Pol Abdul Karim, akan mengonfirmasi hal itu ke pihak PT ASDP Indonesia Ferry. Karena kepolisian belum mendapatkan informasi tersebut.

"Mengenai tiket habis, saya belum tahu informasi ini, nanti coba akan kami koordinasikan dengan pihak ASDP, persiapannya apa tiket habis sampai beberapa hari ke depan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya