Awas, Bermain Ponsel di Jalan Bisa Jadi Korban Penjambretan

Ilustrasi bermain ponsel.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Akibat memainkan ponsel saat sedang menumpang ojek online (ojol), IC gadis 14 tahun menjadi korban penjambretan di kawasan Kalideres, Jakarta Barat.

Kapolsek Kalideres Kompol Slamet Riyadi mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada Rabu 15 Juli 2020, di mana awalnya remaja IC sedang dalam perjalanan di Jalan Peta Barat, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat pukul 22.15 WIB.

Sedang asyik membuka aplikasi Instagram, di tengah jalan ponselnya dirampas oleh dua pria yang mengendarai sepeda motor yang memepet ojek online yang ditumpangi remaja tersebut.

Kedua pelaku yang berinisial HP (27) dan AJ (36) itu langsung tancap gas usai merampas ponsel IC. Kaget ponselnya dirampas, IC langsung berteriak jambret. Pengemudi ojol pun langsung tancap gas mengejar jambret tersebut dan menabrakkan motornya ke motor pelaku.

"Karena hal itu, baik pelaku dan korban terjatuh dari motor," ujar Slamet saat rilis kasus di Mapolsek Kalideres Jakarta Barat, Senin malam, 27 Juli 2020.

Baca juga: Jadi Korban Jambret, Anak 3 Tahun Trauma Lihat Sepeda Motor Putih

Korban dan pelaku mengalami luka lecet akibat terjatuh dari motor. Namun, korban masih terus meneriaki jambret ke arah pelaku yang kemudian mengundang perhatian warga sekitar. Dengan cepat, warga langsung mengerubungi pelaku dan hampir bertindak anarki.

Namun, untungnya dua anggota Polsek Kalideres yakni Kanit Reskrim Polsek Kalideres AKP Syafri Wasdar dan Panit Iptu Sampe Tambunan berada di sekitar lokasi. Kedua pelaku segera diamankan oleh polisi dan dibawa ke Polsek Kalideres.

Akibat perbuatan tersebut, para pelaku dikenakan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan. Ancaman hukuman maksimal sembilan tahun pidana. (art)